Jaga Kebersihan Lingkungan dan Masyarakat, Untuk Wujudkan Sidomukti Tanpa Sebaran Covid-19

oleh -
oleh

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Meski berada di ujung perbatasan Bojonegoro dengan kabupaten Lamongan, Desa Sidomukti, Kecamatan Kepohbaru, Bojonegoro, terus berupaya untuk memaksimalkan menjaga kebersihan Lingkungan dan Kesehatan warganya agar di Pandemi Virus Corona (Covid 19) ini Desa Sidomukti bisa steril dari sebarannya dan bisa berdampak bagi Desa dan masyarakatnya dalam melakukan aktifitas dengan lancar dan juga tidak menganggu pertumbuhan ekonomi masyarakat yang mayoritas petani ini.

Disampaikan oleh Kepala Desa Sidomukti, Teguh Santoso, bahwa pihaknya sangat menerapkan kedisiplinan dalam kebersihan dilingkungan warganya agar tidak terpapar sebaran Covid 19, selain melalukan himbauan tanpa henti agar menjalankan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dengan sabun, jaga jaran aman, phisicall Distancing dan tidak mudik.

“Kami benar benar sampaikan dengan serius terhadap warga kami yang berada di luar kota agar tidak mudik, karena jika memang mudik maka kami berlakukan karantina 14 hari oleh Tim Satgas Gugus Desa Covid 19,” Terang Teguh Santoso, Senin (11/5/2020).

Juga tingkat kesadaran masyarakat agar menyampaikan kepada sanak famili dan keluarganya yang berada di luar kota agar benar benar tidak mudik guna memutuskan rantai sebaran covid 19 di Desa Sidomukti, dan tingkat kesadaran masyarakat di Desa Sidomukti benar benar menjadi panutan.

Sehingga para warga dengan tingkat kesadarannya dapat membantu agar Desa Sidomukti bersih dari sebaran Covid 19 dan masyarakat bisa lega dan juga sama sama saling menjaga diri masing masing, agar tidak terpapar Covid 19.

Hal ini terbukti sampai hari ini, Rumah Isolasi atau Karantina yang disediakan oleh Tim Satgas Covid di Gugus Desa Sidomukti tidak terisi, karena pihak Desa juga selalu melakukan pemeriksaan terhadap warganya yang keluar masuk desa, begitu juga pendatang yang melintas di Desa Sidomukti.

“Kami lakukan pendeteksian kepada siapa saja dengan alat yang sengaja kami beli dan kami gunakan agar masyarakat benar benar steril dari terpaparnya covid 19,” Papar Teguh Santoso.

Sebelumnya juga Desa sidomukti setiap pekannya melakukan penyemprotan Diamsinfektan dilingkungan Masyarakat, serta bersama Polsek Kepohbaru pernah melaksanakan razia kepada para pengendara yang tidak memperhatikan prosedur kesehatan dalam rangka penanggulangan virus Corona di jalan raya Desa Sidomukti.

“Kami juga menertibkan warga agar bila keluar rumah wajib menggunakan masker. Sehingga, penyebaran virus Corona bisa di cegah. Dan kami juga membagikan masker gratis kepada pengendara yang tidak memakai masker,” Lanjut Kades Sidomukti.

Pemdes Sidomukti akan berperan aktif dalam memberantas Covid-19 agar masyarakatnya tetap sehat dan bebas dari paparan Virus Corona. (Rum/Sas)

No More Posts Available.

No more pages to load.