SMPN Ngasem LDK Siswanya Sambil Sedekah

oleh -101 views

Tuban, SuaraBojonegoro.com  – Puluhan siswa SMPN Ngasem, Kabupaten Bojonegork mengikuti latihan dasar kepemimpinan (LDK) di Desa Wisata Berbasis Sedekah, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Para siswa menerima materi teori kepemimpinan, outbound hingga river tubing.

Untuk memberikan bekal kepemimpinan siswa, diberikan materi kepemimpinan oleh pemateri pemuda setempat. Dengan diberikan motivasi berupa contoh prestasi pemuda desa yang mampu menembus provinsi meski tinggal di desa. Selain itu, mereka secara karakter mendapat pendidikan malalui kegiatan bersedekah beras, outbound dan river tubing.

Soal kepedulian, semangat bisa, keberanian, kerja kolektif yang terkandung dalam kegiatan diharapkan mampu memberikan dasar pada siswa. “Dengan kegiatan ini kami harapkan anak-anak memiliki dasar kepemimpinan yang baik,” katanya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Siaga, Desa Guwoterus, Yulianto Prasetyo mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah inovatif pihak SMPN Ngasem. “Banyak pendidikan karakter dapat diterapkan melalui beragam kegiatan. Mulai teori sampai praktek. Kita siap sesuai keinginan pihak ketiga,” katanya, Kamis (5/3/2020).

Misalnya paket edukasi, juga sudah disiapkan dengan wisata industri, praktek UKM, river tubing, kuliner dan lainnya. “Kita terus berbenah dengan segala keterbatasan kami. Karena kami bersama Pendekar Siaga bertekad terus bergerak demi masyarakat sekitar kita,” pungkasnya. (Lis/Red)