Sering Terjadi Banjir Bandang, Kapolsek Gondang Serukan Warga Selalu Antisipasi Dini

oleh -140 views

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Hujan deras dengan waktu yang cukup lama, membuat wilayah Bojonegoro dibeberapa titik sering mengalami tergenang air, baik berasal dari air hujan maupun luapan sungai yang ada di wilayah masing masing, seperti yang terjadi di Desa/Kecamatan Gindang, akibat luapan sungai Pacal, air menggenang di ruas jalan, Jum’at (31/1/2020).

Meski hanya sejauh tidak sampai 100 meter, luapan air sungai pacal ini juga menganggu aktivitas warga, sehingga membuat Poksek dan Pos Ramil Gondang turun likaai guna mengantisipasi adanya gangguan serta antisipasi adanya luapan air susulan.

“Air tadi pada pukul 15.00 WIB sempat menggenang dijakan Desa, namun meskipun demikian kami tetap melakukan langkah siaga dilokasi bersama pihak terkait baik TNI maupun Satpol PP,” Terang Iptu Berthon Silalahi.

Disampaikan juga oleh Kapolsek Gondang, bahwa diwilayah Kecamatan Gondang, Bojonegoro sering terjadi banjir bandang sehingga pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang sering menjadi langganan banjir bandang agar selalu waspada dan melakukan antisipasi sejak dini pada musim hujan ini.

Diantaranya mempersiapkan tempat untuk menyimpan perabotan rumah tangga agar tidak terkena banjir, menempatkan hewan ternak peliharaan ditempat yang lebih tinggi, serta segera mencari lokasi aman apabila ada air datang secara tiba tiba.

“Jika terjadi sesuatu baik banjir bandang maupun musibah yang lain agar segera melaporkan kepada kami atau bhabinkantibmas yang bertugas di Desa Desa, agar kami dapat segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penanganan,” Terang Iptu Berthon Silalahi.

Mantan Kanit Intel Polsek Kota ini juga menyampaikan bahwa anggota Polsek selalu melakukan pantuan dilapangan bersama anggota Pos Ramil Gondang guna melakukan antisipasi adanya bencana dan penangannya. (Rum/Sas)