Sat Sabhara Polres Bojonegoro Latihan SAR, Antisipasi Adanya Korban Banjir

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Antisipasi bencana banjir yang terjadi di musim penghujan, personil Satuan Sabhara Polres Bojonegoro menggelar latihan SAR (Search And Rescue) di Waduk Grobogan Desa Bendo  Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (11/01/2020). Latihan tesebut di pimpin langsung oleh Kasat Sabhara Polres Bojonegoro, AKP Yusis Krismanto SH.

Pelatihan tersebut sengaja digelar sebagai langkah dan upaya untuk mengantisipasi kemungkinan bencana banjir yang terjadi saat musim hujan di wilayah hukum Polres Bojonegoro. Disamping itu juga menruskan perintah pimpinan yakni rencana Kontijensi Aman Nusa II tahun 2020 di Wilayah Polres Bojonegoro.

Kasat Sabhara AKP Yusis mengatakan, personil Sat Sabhara yang dilibatkan dalam tim SAR akan dilatih kemampuannya, baik dalam proses pencarian maupun evakuasi korban.

Dalam kesempatan tersebut para personil dilatih untuk melakukan penyelamatan dengan menggunakan perahu kano, adapun beberapa materi latihan dasar yang dilakukan yaitu Teknik cara menaiki perahu kano, penyampaian teori dasar latihan kemampuan evakuasi korban bencana dan   latihan kemampuan berenang personil dilanjutkan dengan latihan  evakuasi  korban tenggelam.

“Kemudian teknik membalikkan perahu karet, teknik cara menolong korban yang tenggelam menggunakan perahu karet, serta teknik bagaimana melakukan penyelamatan korban tenggelam di air,” ujar Kasat Sabhara, AKP Yusis.

AKP Yusis mengatakan latihan SAR digelar untuk meningkatkan kemampuan tanggap darurat bencana yang nantinya berfungsi untuk melaksanakan patroli di daerah-daerah banjir, selain itu juga memberikan pertolongan evakuasi. Dengan sering berlatih SAR secara berkelanjutan, akan dapat menambah kemampuan personil menjadi lebih profesional dan menambah motivasi tersendiri bagi para personil.

“Kegiatan ini dalam rangka antisipasi banjir di wilayah hukum Polres Bojonegoro yang mana akhir-akhir ini curah hujan sangat tinggi. Kita tidak ingin ada bencana, namun jika itu terjadi, kita sudah memiliki kesiapan untuk melakukan upaya penyelamatan,” pungkas Kasat Sabhara, AKP Yusis. (Lis/Sas)

No More Posts Available.

No more pages to load.