Kemenag Tuban Siapkan Pelayanan Satu Pintu, Hingga Membuat Kemenag Madiun Datang

oleh -
oleh

Reporter : Ahmad Fauzi

TUBAN, SuaraBojonegoro.com – Geliat inovasi pelayanan publik di era milenial ini membuat banyak Kementerian Agama di Jawa Timur terus berbenah, termasuk Kementerian Agama Kabupaten Tuban. Kali ini jajaran Kementerian Agama Kota Madiun datang langsung ke Kemenag Tuban selain silaturahmi juga untuk sharing bersama bertukar pengetahuan mengenai PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Jumat (10/01/2020).

Dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu pintu ini membuat, Kepala Kankemenag Kota Madiun memimpin langsung rombongan  agar sharing bisa maksimal.   Rombongan diterima di Aula Kemenag Kabupaten Tuban. Turut hadir dalam kesempatan ini sekitar 50 orang, terdiri dari jajaran pejabat Kemenag Tuban, Kepala Satker, Pranata Humas, Perencana, Pranata Komputer, Ketua Pokjawas, Ketua Apri, Ketua Pokjaluh dan semua operator.

Dalam sambutannya Kakankemenag Tuban, Drs. Sahid, MM, menyampaikan tentang himbauan Kanwil Kemenag Provinsi Jatim, bahwa setiap kantor harus ada PTSP nya.

Hal ini sesuai dasar hukumnya yakni undang-undang no 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik PMA RI no 65 tahun 2016 tentang pelayanan terpadu pada Kementerian Agama, dan Kma no 118 tahun 2010 tentang Program Percepatan melalui penyelenggaraan layanan unggulan di Kemenag.

“Walaupun kita baru mempunyai ruang PTSP,  namun insyaallah sambil jalan kita berusaha melengkapinya secara perlahan,” imbuh pria humoris ini.

Pria dari kota pudak ini berharap semua tim dari Kemenag Kota Madiun memberikan semua ilmunya yg berkaitan dengan PTSP, termasuk meminta semua aplikasi yang sudah dibuat oleh tim Kota Madiun.

“Semua tim dari Tuban databg, diharapkan bisa menyerap ilmu yang nanti di berikan tim Kota Madiun untuk  pengembangan PTSP. Semua aplikasi yang di miliki Kota Madiun harap di berikan secara keseluruhan tidak ada yang di sembunyikan,” Tambah Kepala KanKemenag Tuban.

Sementara itu Kepala Kankemenag Kota Madiun, Drs. Munir, M.Hum, mengatakan prinsipnya untuk melayani masyarakat dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah komitmen.

Disampaikan oleh Munir bahwa Kunci pertama keberhasilan PTSP adalah komitmen para pimpinan dan pejabatnya, selanjutnya akan ada inovasi, dengan komitmen akan lahir inovasi. PTSP Kota Madiun ada kerjasama yang bagus di semua lini mulai caraka, back office, front office hingga pimpinan.

“Kita ada dua tim, tim fisik dan tim aplikasi, Madiun sudah menjalankan PTSP secara murni satu pintu dan Dilaunching 8 Juli 2019, dan bulan Januari ini sudah menerapkan generasi ke dua, yakni pelayanan dengan handphone secara online,” Tambahnya.

Disampaikan juga bahwa PTSP Madiun elegan, walau kecil tapi representatif. Semua laporan kinerja berbasis web. Aplikasi manajemen sistem, si Eka semua di pantau dan di kerjakan dari handphone. PTSP itu pelayanan berbasis SOP (Standar Operasional Prosedur).  (Fau/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.