8 Cara Tetap Segar Bugar Seharian Meski Lupa Makan Sahur

oleh -
oleh

Gara-gara begadang semalaman, Anda mungkin terlambat bangun untuk sahur pagi ini. Atau Anda yang tinggal di kos lupa memasang alarm sehingga melewatkan sahur. Namun, bukan berarti Anda tak bisa melanjutkan ibadah puasa hari itu. Menurut para ahli, masih ada banyak cara untuk menjaga semangat Anda seharian ketika Anda lupa makan sahur. Catat delapan tips jitu berikut ini, ya!

1. Cari sinar matahari atau nyalakan lampu

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa cahaya terang, terutama sinar matahari, berperan sebagai sinyal alami bagi tubuh agar tetap terjaga. Ini karena tubuh Anda bekerja mengikuti jam biologis (ritme sirkadian) yang diatur salah satunya oleh cahaya.

Supaya Anda tetap merasa bertenaga sepanjang hari, buka tirai di rumah. Kalau sedang berada di kampus atau kantor, duduklah di dekat jendela di mana sinar matahari masuk. Bila cuacanya mendung, nyalakan lampu yang cukup terang.

2. Mandi air dingin

Sebuah penelitian di Inggris dalam jurnal Behavioral and Brain Function melaporkan bahwa mandi air dingin selama tiga menit saja mampu melawan rasa lemas dan lesu. Tenang, Anda tak perlu mandi pakai air es, kok. Air dengan suhu kira-kira 20 derajat Celsius saja sudah cukup untuk membuat badan dan pikiran jadi lebih segar. Bila Anda mulai merasa lesu di siang atau sore hari, cucilah wajah Anda dengan air dingin.

3. Selingi pekerjaan dengan aktivitas fisik

Semangat Anda akan cepat hilang kalau Anda melakukan pekerjaan yang itu-itu saja selama berjam-jam tanpa selingan. Jadi setelah bekerja di depan layar komputer selama satu setengah jam misalnya, selingi dengan aktivitas fisik ringan seperti jalan-jalan di sekitar meja atau gedung kantor Anda.

Penelitian dari University of Georgia menunjukkan bahwa olahraga ringan bisa membuat Anda merasa lebih bertenaga karena aliran darah jadi lebih lancar. Selain itu, olahraga ringan juga mampu mengusir rasa lapar karena Anda lupa makan sahur.

4. Tidur siang sebentar

Bila Anda beraktivitas cukup berat meski saat subuh lupa makan sahur, Anda bisa mengembalikan energi dan tingkat konsentrasi dengan tidur siang sebentar saja. Para ahli mengingatkan untuk tidak tidur siang lebih dari 25 menit.

Lewat dari itu, jam biologis tubuh malah jadi kacau sehingga Anda tambah lesu. Kali ini jangan lupa pasang alarm supaya tidak kebablasan tidur lagi, ya!

5. Lakukan peregangan

Duduk di balik layar komputer atau di ruang kelas sepanjang hari bakal membuat Anda makin malas gerak dan tak bertenaga. Maka itu, peregangan ringan di tempat duduk Anda bisa jadi penyelamatnya. Cukup lakukan peregangan seperti memutar badan bagian atas ke kanan dan kiri, memutar-mutar pergelangan kaki, dan meluruskan tangan.

6. Mendengarkan lagu

Di siang dan sore hari, perut Anda mungkin sudah keroncongan dan Anda merasa sangat kelaparan. Untuk mengusir rasa lapar, dengarkan lagu kesukaan Anda dan jangan lupa ikut bernyanyi. Penelitian dalam Journal of Music Therapy menunjukkan kalau musik membantu pikiran jadi lebih awas dan segar serta membuat tubuh lebih bertenaga.

7. Cari kegiatan yang menyenangkan

Di jam-jam yang rawan rasa lapar, usahakan untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai. Maka, aturlah hari Anda supaya strategis. Misalnya pada jam dua siang Anda menjadwalkan meeting dengan rekan-rekan kerja. Maka, di jam itu Anda tak perlu duduk bermalas-malasan di depan layar komputer sambil membayangkan menu buka puasayang menggoyang lidah. Kuncinya adalah mengalihkan perhatian!

8. Pilih makanan sehat untuk buka puasa

Ketika saatnya berbuka, pilih menu makanan yang sehat dan mudah dicerna. Pasalnya, Anda belum makan apa-apa sejak kemarin. Berbukalah dengan buah-buahan segar yang kaya akan fruktosa.

Di dalam tubuh, fruktosa akan diolah jadi gula kemudian energi. Ini bisa menggantikan energi dan stamina yang hilang seharian. Hindari makanan yang kurang sehat dan sulit dicerna oleh tubuh misalnya gorengan atau makanan pedas.

Sumber: helosehat.com

No More Posts Available.

No more pages to load.