Memprihatinkan Sekolah SD Ini, Atap Jebol & Murid Duduk Beralas Paving

oleh -
oleh

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sumberharjo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, sangat memprihatinkan. Dengan keadaan atap sekolah yang terlihat jebol, penyangga yang terbuat dari kayu yang terlihat sudah lapuk. Jumat (01/03/19).

Achmad Agung Ferrianto, selaku koordinator Komunitas Kelas Inspirasi, Kabupaten Bojonegoro, mengungkapkan, selain atap sekolah dan tiang penyangga sekolah yang memprihatinkan, sekolah ini nampak sebagian besar lantai dan tembok sekolah yang sudah berlubang.

“Kursi dan meja yang dipakai anak-anak juga lapuk,” katanya.

Dengan kondisi ini, membuat para siswa harus rela belajar dengan kondisi seadanya. Bahkan dari para siswa ini harus rela duduk dengan menumpuk paving, untuk dijadikan kursi.

“Mereka rela belajar dengan keadaan duduk diatas tumpukan paving , menulis diatas meja yang reot dan mau patah,” ujarnya.

Yang lebih memprihatinkan, dengan keadaan sekolah ini para siswa, merasa kepanasan lantaran terik matahari ketika cuaca sedang panas, sehingga membuat aktifitas belajar mengajar para siswa tidak nyaman.

“Ketika hujan pula anak-anak harus berlarian untuk menyelamatkan diri dan peralatan belajar dari air hujan,” tambahnya.

Setelah hujan berhenti, lanjutnya, para siswa juga harus rela menyisihkan waktu belajarnya untuk mengepel dan membersihkan kelas karena ruang kelas mereka yang jebol Dan bocor.

“Mau tak mau air bersinggah di lantai yang berlubang. Bagaimana bisa terjadi pembelajaran yang menyenangkan, asik, dan seru dengan keadaan seperti ini. Meskipun dengan kondisi memprihatinkan, murid – murid tetap bersemangat dalam menuntut ilmu,” pungkasnya. (Bim/red).

No More Posts Available.

No more pages to load.