Lestarikan Lingkungan, Murid di Balen Buat kreatifitas Berbahan Sampah

oleh -
oleh

Kontibutor : Choirul Anam

SuaraBojonegoro.com – Banyak cara dilakukan lembaga pendidikan untuk mengajarkan mencintai lingkungan. Seperti yang dilakukan MI Bahrul Ulum 1 Desa Bulu, Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, Jum’at (25/1/2019), yang membuat kerajinan kreatif berbahan sampah.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Rumah Kreasi dan Bank Sampah Bojonegoro, begitu menarik diikuti para siswa. Pemilik Rumah Kreasi dan Bank Sampah Bojonegoro, Eryul Mufidah menuturkan, siswa sangat antusias dan senang sekali mengikuti proses kegiatan pelatihan berbahan dasar limbah.

Pasalnya para siswi dapat membuat bunga dari limbah kresek dan yg siswa buat celengan dari botol. “Ini sekaligus mengajarkan siswa agar cinta lingkungan. Sebab sampah di sekitar kita dapat dijadikan kerajinan kreatif,” jelas Eryul

Dosen STAI At-Tanwir Talun itu juga menambahkan, beberapa materi yang diajarkan di antaranya materi pengenalan sampah basah dan kering, sistem pengelolaannya dan praktek buat kerajinan bunga dari kresek, serta celengan dari botol bekas. “dengan adannya pelatihan ini supaya siswa siswi tahu bahwa sampah itu ternyata bisa dimanfaatkan dan jadi sebuah kreasi yang punya nilai jual,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Madrasah, Saiful Anwar mengungkapkan, setidaknya ada 64 peserta dari kelas 4 sampai 6. Ia juga sangat mengapresiasi kegiatan ini dan terima kasih sekali pada bank sampah Bojonegoro. “Karena telah bekerjasama dengan sekolah dan berbagi pengetahuan pada siswa siswi MI Bahrul Ulum 1 Bulu,” pungkasnya. (JW*)

No More Posts Available.

No more pages to load.