Hati-hati Saat Membakar Sampah Daun Kering

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Saat membakar sampah daun kering di sekitar rumah hendaknya hati-hati. Sebab jika tidak, bakal menimbulkan kebakaran rumah dan sebagainya.

Seperti data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, selama dua hari terdapat tiga peristiwa kebakaran.

Yakni, pada Jumat 24 Agustus terjadi 2 peristiwa kebakaran. Pertama, rumah milik pemakaman umum Desa Sidomukti, Kecamatan Kepuhbaru, KabupatenBojonegoro yang membahakan rumah.

Kedua, kebakaran pohon yang membahayakan rumah penduduk di area Sendang Dusun Karang Anyar RT 14 RW 03 Desa Jampet Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro yang membahakan rumah.

Ketiga, terjadi kebakaran lahan bambu yang membahayakan rumah warga Dusun Beton, Desa Megale Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (25/8/2018). Pemilik lahan yakni, Kamit 45 tahun warga setempat.

“Kami himbau untuk hati-hati saat membakar sampah atau daun kering,” kata Kabid Damkar BPBD Bojonegoro, Sukirno kepada SaraBojonegoro.com, Sabtu (25/8/2018).

Dari tiga peristiwa kebakaran itu, kata dia, penyebabnya pembakaran sampah daun kering yang merembet. Selain itu, jika dilihat dari waktu kebakatan. Kebakaran terjadi antara pukul 14.00 WIB, 14.30 WIB, dan 18.30 WIB.

“Jam-jam sekitar itu, angin masih bertiup cukup kencang di musim kemarau ini,” ucap Sukirno.

Ia menambahkan, proses pemadaman api berjalan lancar. Tidak ada kendala yang signifikan. Selain itu, dari tiga kebakaran itu tidak ada korban jiwa. “Tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa, Sukirno mengimbau warga Bojonegoro untuk tetap hati-hati saat membakar sampah daun kering. Sebab, kalau sudah terbakar cepat merembet.

“Jika tidak hati-hati, bisa fatal akibatnya,” imbuhnya. (man/yud)

Reporter : Rahman Hakim

Editor : Wahyudi

No More Posts Available.

No more pages to load.