Geliat Industrialisasi Migas di Jawa Timur Cukup Signifikan

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Geliat industrialisasi minyak dan gas (Migas) di Jawa Timur cukup signifikan. Saat ini wilayah Jawa Timur menjadi lumbung minyak dan gas bumi.

Sebanyak 30 persen dari 800 ribu Barrel of Day (BoD) produksi minyak nasional disumbang dari produksi lapangan Migas Jatim. Sementara, Jawa Timur menyumbang 10 hingga 12 persen pasokan gas di tanah air.

Saat ini wilayah kerja SKK Migas Jabanusa ada 32 perusahaan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang beroperasi. Sebanyak 16 perusahaan KKKS sudah berproduksi.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Jabanusa, Ali Masyhar mengatakan, produksi minyak maupun gas cenderung mengalami penurunan. Sebab Migas bukan sumberdaya yang dapat diperbaharui.

Meski demikian, SKK Migas Jabanusa dan K3S Jabanusa terus berupaya menggenjot produksi Migas. Terutama minyak mentah setiap harinya.

“Saat ini produksi tertinggi ada di Blok Cepu dan diupayakan terus bertambah,” katanya kemarin.

Untuk menambah produksi Migas memakan biaya yang tidak sedikit. Sedangkan, untuk gas tidak bisa langsung di eksploitasi karena harus menunggu pembeli.

Jenis lapangan atau blok Migas di wilayah Jatim lebih banyak gas, tetapi tidak semua temuan bisa langsung dieksploitasi. Sebab gas harus menunggu pembeli terlebih dahhulu.

Gas yang dihasilkan tidak bisa disimpan dalam tabung kecuali dengan pengelolaan teknis yang rumit, sehingga harus ada pembelinya baru bisa diproduksi. Khusus untuk produksi gas, Jatim masih menyimpan potensi besar dari lapangan lepas pantai yang dikelola Kangean Energi, Husky CNOOC Madura Limited (HCML) dan Petronas.

“Ada 4 lapangan milik Husky yang siap berproduksi. Potensinya cukup besar. Kedepan, Husky akan menjadi backbone dalam penyediaan energi gas bumi bagi Jatim,” kata Kepala Devisi Komersialitas Minyak dan gas Bumi SKK Migas Waras Budi Santoso.

Masalahnya, banyak faktor yang acap menghambat kegiatan eksplorasi dan eksplotasi hingga gas sampai ke tangan pembeli. Ketidaktepatan jadwal produksi ini yang membuat KKKS yang sudah berkomitmen memproduksi migas bisa dirugikan karena calon konsumen mengalihkan kebutuhanya ke sumber mineral lainnya, misalnya solar dan batubara.

Sebagai contoh, produksi gas Husky CNOOC Madura Limited (HCML) yang sudah memproduksi gas di perairan Sampang Madura sejak 2017, namun hingga kini belum semua gasnya bisa terserap pasar. Menurut informasi sekitar 30 MMcfd produksi gas HCML belum terserap pasar secara maksimal.

“Masalah ini harus dicari solusinya. Termasuk bagaimana saat nanti 4 lapangan baru HCML bisa segera memberi tambahan produksi. Pemerintah sudah berupaya melakukan deregulasi agar rantai perizinan dalam industri hulu migas tidak menjadi hambatan,” tambah Waras.

Khusus gas HCML dari lapangan di lepas pantai Sumenep yang diharap mulai produksi akhir 2019 sangat dinantikan PT Petrokimia Gresik yang kini tengah bersiap mengembangkan pabrik Amoniak Urea II. Pabrik itu membutuhkan gas sebesar 85 Milion Metric Cubic Feet per Day (MMcfd).

“Untuk sementara ini, produksi pabrik urea memang masih harus ditopang oleh 4 KKKS. Tapi nantinya, akan tetap dipasok dari gas HCML yang mudah-mudahan bisa berproduksi akhir 2019,” kata Ir Hari Winarto MT, Manager Pengembangan PT Petrokimia Gresik saat menjadi pembicara dalam Lokakarya Media FKKIHM Periode 1 2018 yang digelar SKK Migas Jabanusa.

Sedangkan pabrik Amoniak Urea I PT Petrokimia Gresik yang sudah beroperasi sejak 1994 lalu itu mampu menyerap 65 MMcfd gas setiap harinya.

“Bahan baku utama pupuk urea memang gas bumi dan kami cukup tenang karena di Jatim produksi gasnya sudah baik, ” jelasnya

Sementara itu, Ompang Reski Hasibuan mengaku, saat ini ada 3 pembangkit listrik PT PJB yang sudah menggunakan gas seluruhnya yakni pembangkit Muara Karang, Pembangkit Muara Tawar serta Unit Pembangkit Gresik.

Sementara pembangkit yang lain seperti di kawasan pembangkit listrik Paiton masih menggunakan sistem energi mix dimana jika kebutuhan pasokan listrik tinggi dan membutuhkan produksi yang cepat digunakan mix antara batubara dan gas.

“Memang secara lingkungan gas lebih bersih polusinya tetapi kami juga harus mengikuti aturan pemerintah untuk memprioritaskan penggunakan batubara karena batubara juga berlimpah di Tanah Air,” jelas Ompang.

Keberadaan Migas tak hanya dirasakan oleh industri Negara tetapi juga pemerintah Kabupaten Gresik yang mengaku sangat terbantu dengan adanya perusahaan migas yang beroperasi di wilayah. tahun 2017, misalnya, dana bagi hasil dari migas untuk Kabupaten Gresik sekitar Rp 30 miliar.

“Hasil kerjasama dengan perusahaan daerah kami juga menghasilkan keuntungan yang besar dan tentunya ini sangat berguna untuk pembangunan di Gresik,” tandas Wakil Bupati Gresik, Moh Qosim. [bim/yud]

Reporter: Bima Rahmat

Editor: Wahyudi

No More Posts Available.

No more pages to load.