Tes Kesamaptaan Bagi Anggota Polres Bojonegoro Untuk Ukur Kemapuan Fisik

oleh -
oleh

 

SuaraBojonegoro-com – Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani personilnya, Polres Bojonegoro melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) berkala di Sport Center Polres Bojonegoro, Rabu (09/10/2019).

Pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh personel baik Polres Bojonegoro maupun Polsek jajaran mulai dari pangkat brigadir hingga perwira. TKJ tersebut dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 8 – 10 Oktober 2019.

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli, SIK, MH. M.Si menjelaskan bahwa Tes Kesamaptaan ini dilakukan guna mengetahui dan mengukur kekuatan stamina dan kesamaptaan seluruh anggota Polri dan ASN yang berdinas di Polres dan Polsek jajaran Polres Bojonegoro.

“TKJ dilaksanakan setiap semester. Semua anggota wajib mengikuti. Selain untuk menjaga stamina agar tetap prima, TKJ juga berfungsi untuk mengukur kemampuan dan ketahanan fisik perorangan maupun organisasi,” Ujar Kapolres Bojonegoro saat ditemui oleh awak media.

Sebelum pelaksanaan TKJ, seluruh anggota juga diharuskan untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh tim dari Urkes Polres Bojonegoro.

Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) tersebut terdiri dari beberapa tahapan yaitu lari selama 12 menit, sit up, pull up, push up dan shuttle run.

Kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) ini merupakan kegiatan rutin yang di laksankan selama 6 bulan sekali oleh Personil Polres Bojonegoro dan merupakan program kerja Bagian Sumber Daya Manusia (Sumda) Polres Bojonegoro untuk mengukur kemampuan anggota di bidang jasmani.

Di tempat terpisah menurut Kabag Sumda Polres Bojonegoro AKP Roro Sri Harwati, menambahkan bahwa pelaksanaan TKJ dibagi dalam tiga gelombang. Maksud dari pengaturan jadwal yang dibagi menjadi tiga gelombang ini supaya tidak mengurangi atau mengganggu kegiatan lainnya yang berhubungan dengan tugas operasional maupun pelayanan masyarakat dari anggota yang bertugas di masing-masing satuan fungsi ataupun anggota yang bertugas di Polsek dengan harapan tetap terjaganya kondisi fisik yang prima sebagai pendukung tugas dilapangan.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) ini dapat menjaga kebugaran jasmani anggota agar tetap prima sehingga dapat mengemban tugas Kepolisian dengan maksimal sebagaimana tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat” Ucap Kabag Sumda.

Selanjutnya Kapolres Bojonegoro memberangkatkan peserta TKJ sesuai golongan umur yang telah ditentukan. (Lis/SB)

No More Posts Available.

No more pages to load.