Politeknik Mapena Tuban & DPW Juleha Jatim Beri Wawasan Seputar Hewan Kurban ke Takmir Masjid

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Program studi Peternakan, Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena Tuban melalui Himpunan Mahasiswa Peternakan (HAMSTER) menggelar acara “Kelas Inspirasi Praktisi” sebagai agenda rutin bulanan.

Jelang hari raya Idul Adha/kurban tahun ini, tema yang diusung mengenai “Manajemen Penyembelihan Hewan Halalan Toyyiban”. Acara yang berlangsung pada hari Sabtu (03/07/2019) di Aula kampus Politeknik Mapena Tuban, Jl Raya Bojonegoro-Lasem, KM 32, Lajo Lor, Singgahan, Tuban ini menggandeng lembaga dan pakar yang bergerak di bidangnya, diantaranya DPW Juleha (Dewan Pengurus Wilayah Juru Sembelih Halal) Jawa Timur, dokter hewan yang juga dosen peternakan Mapena.

“Acara ini kami selenggarakan sebagai edukasi terhadap peserta (takmir masjid) agar lebih baik dalam manajemen pelaksanaan kurban. Nantinya setiap tahun menjelang idul qurban akan kami gelar acara serupa sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat khususnya sekitar Tuban-Bojonegoro,” ujar Ali selaku Direktur Mapena.

Ada sekitar 50 peserta sosialisasi, yang sebagian besar notabenenya takmir masjid sekitar Tuban-Bojonegoro. Materi yang disampaikan meliputi: kesejahteraan hewan, fiqih sembelihan, manajemen qurban, tips&trik seputar alat sembelihan, teknik perobohan hewan qurban, serta hygiene dan kelayakan daging konsumsi.

Acara diakhiri dengan praktik penyembelihan ternak sesuai syariat dan prinsip kesejahteraan hewan. Antusiasme peserta juga ditunjukkan melalui keinginan mereka untuk bergabung dengan DPW Juleha. Mereka sepakat untuk menindaklanjuti pembentukan DPD JULEHA TUBAN. (Lis/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.