Salah Satu Perupa Bojonegoro Bawa Karya Dari Dallas Texas

oleh -128 views

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Salah satu perupa dari Bojonegoro, Handoko Sumahan, bakal menyajikan salah satu karya terbaiknya yang berjudul The Wayang Thengul. “Itu lukisan saya berbahan acrylic pada canvas,” jelas Handoko, yang juga salah satu Dewan Penasehat Komunitas Sang Rupa (02/08).

Handoko sendiri merupakan seniman yang banyak berkarya di seni lukis, sempat mendapat julukan seniman bangau, karena banyak tema-tema bangau yang dituangkan dalam karyanya

Lukisan berjudul The Wayang Thengul itu sendiri pernah dipamerkan di Texas Dallas Amerika Serikat pada tahun 2018 lalu. “Waktu itu saya mewakili Dewan Kesenian Jawa Timur,” tambahnya.

Ditanya mengenai kelangsungan seni rupa di Bojonegoro, Handoko mengatakan bahwa pada dasarnya, karya-karya seniman di Bojonegoro sudah di atas rata-rata. “Ini luar biasa, baik dari segi kualitas ataupun motivasinya,” tambahnya.

The Wayang Thengul karya Handoko itu merupakan karya sosial, dimana bila memang ada kolektor yang berminat, hasilnya akan digunakan sebagai gerakan sosial. “Nanti bila ada lelang, akan saya daftarkan. Karena ini gerakan sosial, akan saya buka dengan harga 25 juta Rupiah,” tambahnya.

Pameran Seni Rupa Jangan Lupa Merdeka bakal berlangsung selama 5 hari, mulai Tanggal 2 Agustus hingga 6 Agustus mendatang. (Bim/red).