Bagian Kesra klaim cairkan dana kematian kepada 270 ahli waris

oleh -
oleh

Reporter : Tata Monika

SuaraBojonegoro.com – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Bojonegoro, menyatakan, telah memberikan santunan kematian, bantuan insentif untuk tahlil/yasin, marbot tempat ibadah serta pengurus jenazah perempuan.

‘Sejak awal tahun 2019 Kesra telah banyak mencairkan dana untuk santunan kematian,” kata Kepala Bagian Kesrq, Sahari.

Data yang diperoleh dari bagian Kesra menyebutkan bahwa sebanyak 270 ahli waris telah mendapatkan dana santunan kematian. Menurut data yang diperoleh dari total pagu 2400 penerima, sebanyak 1181 data ahli waris telah melalui proses pengajuan dan 443 data sedang dalam proses pencairan, menunggu proses dari BPKAD.

Ada ada dua hal utama yang menyebabkan terkendalanya proses pencairan dana santuan kematian tersebut. Yang pertama itu adalah karena masalah administrasi. Banyak data kependudukan yang tidak sinkron.

Lalu yang kedua adalah adanya surat edaran dari KPK yang pointnya larangan bagi Kepala Daerah untuk menyalurkan dana bantuan hibah dan sosial sebelum pelaksanaan Pemilu serentak pada April.

“Oleh karena itu sebagai penyelenggara negara harus mematuhinya,” tegasnya.

Sedangkan untuk program program yang lain yaitu bantuan insentif untuk tahlil, tenaga penjaga kebersihan tempat ibadah serta pengurus jenazah perempuan sedang dalam proses SK turun. (Nik/AR)

No More Posts Available.

No more pages to load.