COVID-19, Fikiran kita dan Rasa Takut

oleh -
oleh

Oleh : Said Edy Wibowo

SuaraBojonegoro.com – Kita memang perlu berhati-hati dan menjaga kesehatan untuk menghadapi kemungkinan terpapar virus covid-19. Dan yang lebih penting adalah menjaga diri dari virus pikiran yang tersebar dengan begitu gencar melalui media sosial, serangan yang luar biasa karena semua orang mengeshare berita tentang Corona, menakutkan dan mencemaskan. Berhati-hati dalam setiap perjalanan sangat perlu memang dengan menjaga kewarasan fikiran jauh lebih penting  perlu lagi.

Virus covid-19 belum tentu mengenai diri kita, Tapi virus pikiran, tanpa disadari telah menguasai dan memengaruhi dan sangat merugikan diri kita semua. Namun jika perasaan takut tersebut berlebihan tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita kehidupan pendidikan, kehidupan ekonomi secara keseluruhan. Apa sebenarnya yang membuat rasa takut itu datang?. Rasa takut disebabkan karena banyak hal, namun rata-rata penyebabnya adalah sesuatu yang menimbulkan perasaan tidak aman dan mengganggu.

Menurut para pengamat, kadang rasa takut berkaitan erat dengan rasa cemas yang berlebihan, walaupun tidak selalu, rasa cemas seringkali menyebabkan rasa takut. Begitu juga sebaliknya, ketakutan bisa menyebabkan seseorang merasa sangat cemas. Rasa takut yang berlebihan dapat menghalangi fokus kita dalam berkehidupan sehingga berpengaruh terhadap pencapaian tujuan dan harapan kita di masa depan.

Ada banyak hal buruk yang bisa menimpa kita saat memiliki perasaan takut secara berlebihan diantaranya adalah :(1)kita bisa merasa stres.(2) Dapat menyebabkan kesalahan dalam membuat keputusan,(3)Pikiran kita akan terbebani dengan pikiran negatif dan selalu merasa tidak mampu untuk melakukan sesuatu,
(4) Pikiran yang negatif dapat merusak kepercayaan diri kita dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Mungkin kita akan bertanya- tanya
Lalu adakah cara-cara yang harus di lakukan untuk mengatasi rasa takut yang berlebihan tersebut?

Nah saudaraku semua ternyata ada 5 cara ampuh yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa takut, apa itu (1) ketahui penyebab rasa takut dan buat rasa aman,  (2) Tingkatkan rasa percaya diri, (3) Selalu berfikir positif, (4) Luapkan rasa takut kita, (5) Berdoa, Berdzikir dan meditasi. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menghilangkan rasa ketakutan kita dan semoga kita semua dijauhkan dari Virus Corona .Aamiin

*) Penulis Adalah Guru MAN 5 Bojonegoro, Pegiat Pramuka dan Literasi Bojonegoro

Tulisan ini dikutip dari berbagai sumber

No More Posts Available.

No more pages to load.