Kemenag Tuban Gandeng BPS Sosialisasi Sensus Penduduk Online

oleh -1 views

Reporter : Ahmad Fauzi

Tuban, SuaraBojonegoro.com – Bertempat di Aula PLHUT (Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu), Selasa, (25/02/2020),
diselenggarakan Sosialisasi Sensus Penduduk Online di sela-sela giat pelantikan pejabat fungsional. Acara ini dihadiri oleh seluruh pejabat berjumlah sekitar 120 orang.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Drs. Sahid, MM, berpesan bahwa ini terobosan baru yang dilakukan Kemenag Tuban, dan menghimbau kepada seluruh ASN agar mengikuti acara ini sampai paripurna.

“Badan Pusat Statistik (BPS) tahun ini mengadakan sensus penduduk, yaitu penghitungan jumlah penduduk secara periodik.

Menurut jadwal dari BPS, pengisian data untuk sensus kependudukan secara mandiri ini akan dilaksanakan pada 15 Februari-31 Maret 2020. Mohon semua penjelasan dari kepala BPS kabupaten Tuban di simak dengan seksama, dan langsung praktek pengisian,” paparnya.

Sementara itu menurut kepala BPS (Badan Pusat Statistik) kabupaten Tuban, Agus Budi Santoso, SE,
mengatakan penduduk bisa melaksanakan sensus secara mandiri melalui laman sensus.bps.go.id. Tahap pelaksanaan dimulai dengan pengisian sensus penduduk online, sensus penduduk wawancara, dan pengacahan sampel.

“Berikut langkah-langkah untuk mengikuti Sensus Penduduk 2020 di laman resmi BPS, pertama buka laman sensus.bps.go.id. Kedua, isikan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom “Isikan NIK”, ketiga isikan data Nomor Kartu Keluarga (KK) pada kolom “Isikan Nomor KK”. Keempat
isikan kode captcha pada kolom “Isikan Kode”. Kelima klik tombol bertuliskan “Cek Keberadaan”. Keenam isikan data pada kolom yang tersedia. Ketujuh apabila ingin menyimpan data sementara silakan tekan tombol “simpan sementara”.

Delapan, pada saat selesai mengisi Sensus Penduduk Online (setelah klik kirim) akan ada tombol untuk mengunduh bukti selesai Sensus Penduduk Online, ” jelasnya.

Pria asal kota onde-onde, Mojokerto ini menambahkan setiap warga bisa mengisikan data diri dan keluarganya di laman sensus.bps.go.id.

Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian data pe orang, rata-rata sekitar 5 menit. (Fau/Red)