Kementerian Perikanan & Kelautan Laksanakan Safari Gemar Ikan Di Bojonegoro

oleh -1 views

Reporter : Ahmad Fauzi

SuaraBojonegoro.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan Melalui Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) bersama dinas kelautan dan perikanan Provinsi Jawa timur melaksanakan kegiatan Safari Gemar makan ikan di Di kabupaten Bojonegoro yang di laksanakan di Pendopo Malowopati pemkab Bojonegoro , Minggu (23/02/2020).

Hadir dalam kegiatan Safari Gemar makan ikan diantaranya Bupati Bojonegoro Hj Anna Mu’awanah,Dr Agus Suherman ( Dirjen pdspkp) , Mochamad Gunawan Saleh
(kepala Dinas kelautan dan perikanan provinsi Jawa timur), Farida Hidayati ( DPR RI Dapil Bojonegoro dan Tuban), Kepala Dinas perikanan dan kelautan kabupaten Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro Hj Anna Mu’awanah menyampaikan terimakasih kepada pihak KPP yang sudah berkenan memberikan safari di kabupaten Bojonegoro serta mengajak masyarakat Bojonegoro untuk gemar mengkonsumsi ikan untuk kesehatan badan yang lebih kuat dan baik.

Sedangkan sambutan Kepala Dinas kelautan dan perikanan provinsi Jawa Timur Mochamad Gunawan Saleh  menyampaikan data masyarakat Jawa Timur yang mengkonsumsi ikan pada tahun 2019 baru sekitar 36 persen dan jauh dari target  Nasional yaitu 50 persen.

Dia juga menjelaskan mengenai beberapa program yang bisa di dapatkan di dinas kelautan dan perikanan provinsi Jawa Timur Diantaranya pelatihan budidaya ikan

Kepala Dinas juga memberikan gambaran mengenai program pencegahan stanting yang juga di dinas kelautan dan perikanan juga terlibat akan juga mengadakan beberapa kegiatan pokok untuk mengurangi angka Stunting di Jawa timur diantaranya menggencarkan Kegiatan makan ikan di Semua kalangan dan umur. Bazar ikan pengawalan posyandu di desa, lomba masak dan membuat kreasi ikan menjadi nilai daya jual tinggi.

“Untuk Kabupaten Bojonegoro sendiri ternyata masuk dalam 12 Kabupaten kota yang masuk dalam kategori gawat Stunting makan dengan adanya kegiatan ini bisa Nantinya di antisipasi dengan cara memperbanyak makan ikan,” papar kadin kelautan dan perikanan provinsi Jawa Timur.

Farida Hidayati selaku Anggota DPR RI dari Dapil Bojonegoro dan tuban yang juga menjabat di Komisi 4 berharap dengan adanya safari gemar ikan ini sebagai salah satu wujud komitmen pemerintah pusat untuk membantu menyelesaikan permasalahan khususnya di sanitasi dan kesehatan masyarakat  serta mengurangi angka Stunting di masing-masing daerah dengan cara gemar makan ikan sejak dini

Farida Penggilan akrabnya juga berharap kepada para ibu-ibu yang tergabung dalam PKK Kabupaten Bojonegoro maupun pengurus PKK kecamatan maupun Desa untuk memanfaatkan beberapa program yang ada di kementerian Perikanan dan kelautan maupun di dinas provinsi maupun kabupaten Kota salah satunya pelatihan dan pengembangan budidaya ikan serta penggolahan dari bahan ikan yang bisa menjadi nilai jual tinggi  dan bisa mengurangi pengangguran khususnya di kalangan ibu-ibu. (Fau/Red)