Sarang ‘Tawon Ndas’ Kembali di Basmi Oleh Tim BPBD Tuban

oleh -1 views

Reporter : Ahmad Fauzi

Tuban, SuaraBojonegoro.com – Hampir dalam seminggu ini tim BPBD kabupaten Tuban melalui pos Rengel membasmi beberapa sarang ‘Tawon Ndas’ (Vespa Afinis) yang Berukuran raksasa serta membahayakan masyarakat.

Hal itu di sampaikan oleh kalaksa (Kepala Pelaksana) BPBD kabupaten Tuban Yudi Irwanto bahwa dalam satu Minggu ini tim dari BPBD kabupaten Tuban khusunya pos Rengel sudah membasmi ada 3 Titik keberadaan sarang ‘Tawon Ndas’. Kamis (6/02/2020).

“Pada hari ini Kami juga membasmi satu sarang tawon ndas  yang ada di pohon bambu di desa Campurjo kecamatan Rengel,” Jelas Yudi Irwanto.

Adapun data yang berhasil di himpun oleh Reporter suarabojonegoro.com Tim BPBD kabupaten Tuban malalui pos Rengel pada hari Senin lalu juga berhasil membasmi sarang Tawon Ndas di desa Gununganyar kecamatan Soko lalu pada hari Rabu kemarin juga berhasil membasmi sarang tawon ndas di desa Glagahsari Kecamatan Soko dan pada hari ini membasmi sarang tawon ndas di desa Campurjo kecamatan Rengel.

“Rata-rata Sarang tawon ndas yang berhasil di evakuasi oleh petugas sudah Berukuran raksasa, dan ini sangat membahayakan masyarakat sekitar,” Kata Kalaksa BPBD.

Di akhir pernyataan pers Kalaksa BPBD kabupaten Tuban Berharap Kepada seluruh masyarakat Bumi wali tuban apabila mengetahui adanya Sarang Tawon Ndas (vespa Avinis) Untuk segera melaporkan kepada Petugas BPBD kabupaten Tuban Melalui pos Rengel, Kota maupun Jatirogo.

Sementara itu dalam proses pembasmian maupun evakuasi sarang tawon ndas pihak BPBD kabupaten Tuban menggunakan cara pembakaran mengunakan alat khusus yang sudah di modifikasi khusus untuk membasmi sarang tawon ndas serta Petugas juga memakai Baju lengkap yang juga khusus di gunakan saat membasmi sarang tawon ndas agar dalam proses evakuasi maupun pembasmian juga bisa melindungi dari sengatan Tawon Ndas itu sendiri. (Fau/Red)