Akibat Intensitas Hujan Tinggi, Bahu Jalan di Kedewan Longsor

oleh -1 views

Reporter: Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro pada hari selasa tanggal 28 Januari 2020 mengakibatkan tanah longsor. Rabu (29/01/20).

Hujan lebat sejak pukul 15:00 WIB tersebut mengakibatkan jalan Hot Mix anatar kecamatan mengalami keretakan akibat longsor di bahu jalan.

“Dampak bencana jalan Hot Mix antar Kecamatan mengalami keretakan,” kata Plt Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Umar Ghoni.

Selain itu dalam musibah ini juga mengakibatkan saluran Pam Sismas terputus sehingga menganggu aktivitas warga setempat.

“Dimensi longsoran = P : 20 M, L : 1 M, T : 3.5 M,” ujarnya.

Meski tidak ada korban jiwa maupun korban luka, namun diperkirakan berpotensi terjadi longsor susulan dan rumah dibawah tebing terdampak. Hal ini dikarenakan kemiringan tebing yang curam dan memiliki jenis tanah batuan berpasir sehingga jenuh air dan tanaman disekitar tebing yang berkurang.

“Kurangnya drainase sehingga bila turun hujan dengan intensitas deras air langsung masuk ke tanah dan menggerus lapisan tanah,” jelasnya.

Hingga saat ini pihak desa telah melakukan perbaikan sementara untuk Pam Simas dan jalan saat ini diberi bambu serta mengganjal dengan batu-batuan. Dalam hal ini dirinya menghimbau kepada masyarakat supaya tidak mendekati lokasi tersebut karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

“Serta supaya berhati-hati bilamana melewati sekitaran lokasi tersebut,” pungkasnya. (Bim/red).