Kali Pacal Meluap, Ratusan Rumah di Gondang Tergenang Air

oleh -94 views

Reporter: Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Akibat intensitas hujan lebat di wilayah Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, mengakibatkan meluapnya Kali Pacal. Sabtu (25/01/20).

Hujan sejak pukul 21.30 di Kecamatan Gondang, tersebut mengakibatkan tergenangnya beberapa rumah warga setempat. Dari data yang dihimpun setidaknya terdapat 257 KK rumah warga di 12 RT yang tergenang.

“Rumah warga yang tergenang sejumlah 257 KK,” kata Umar Ghoni, selaku Plt Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro.

Selain menggenangi rumah warga luapan Kali Pacal tersebut juga menggenangi areal pesawahan milik warga dengan luas 1 hektar. Adapun untuk tanaman jagung yang berumur kurang lebih 30 hari sedangkan tanaman padi kurang lebih berumur 1 minggu.

“Dan areal pesawahan yang ditanam padi dengan umur kurang lebih 1 minggu,” ujarnya.

Selain fasilitas umum seperti musholla, puskesmas dan jalan desa kurang lebih 500 meter juga tidak luput dari luapan sungai Kali Pacal. Hingga saat petugas dalam hal ini masih melakukan pendataan akibat banjir tersebut.

“Masyarakat secara swadaya melakukan kerja bakti dirumahnya masing-masing setelah banjir bandang,” pungkasnya. (Bim/red).