Inilah Tuntutan Mahasiswa Bojonegoro Dalam Aksi Unjuk Rasa Di Polres Bojonegoro

oleh -1.379 views

Reporter : Sasmito

SuaraBojonegoro.com – Ratusan Elemen  mahasiswa yang tergabung dalam PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) dan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), melakukan aksi gerakan solidaritas dengan unjuk rasa di depan Mapolres Bojonegoro dengan membawa bendera, spanduk dan puluhan Poster lainnya, Jum’at (27/9/19).

Dalam aksi tuntutanya para mahasiswa ini mengangkat isu adanya korban mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa di Sulawesi Tenggara yang terkena gas air mata dan bahkan ada mahasiswa yang meninggal dunia, dan menuding akibat keteledoran aparay kepolisian dalam menjaga stabilitas keamanan dan kondusifitas masa aksi yang sedang berlangsung.

Salah satu mahasiswa , yang bernama Randi dari Universitas Halu Oleo, Kendari Sulawesi Tenggara meninggal dunia pada aksi hari kamis tanggal 26 September 2019 kemarin.

“Kami meminta bapak kapolres Bojonegoro untuk menanda tangani nota kesepakatan tuntutan kami,” Kata Nurhayan Ketua PC PMII Kabupaten Bojonegoro.

Adapun tiga tuntutan tersebut diantarablnya adalah, meminta diusust tuntas penembekan terhadap mahasiswa bernama Randi, Mendesak Kapolfs Sulawesi Tenggara Untuk bertanggung jawab atas tindakan anggotanya, dan Meminta Kapolri segera mencopot Kapolda Sulawesi Tenggara.

Aksi solidaritas ratusan mahasiswa dihalaman Polres Bojonegoro ini berjalan tertib dan langsung di temui Kapolres Bojonegoro yang menyampaikan dukungan terhadap materi tuntuttan mahasiswa.

“Kami sangat mendukung poin tentang pengusutan kematian seorang mahasiswa bernama Randi dalam aksi di Sulawesi tenggara, namun semua juga harus melalui proses yang benar sesuai aturan,” Terang Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli.

Dengan adanya aksi damai yang berjalan dengan tertib kapolres Bojonegoro mengucapkan rasa terima kasih kepada mahasiswa yang menggelar aksi sehingga penyampaian aspirasi bisa berjalan dengan baik.

Setelah kapolres menemui para mahasiswa peserta Damai, kemudian bersama sama peserta aksi menuju masjid Polres Bojonegoro untuk melakukan Sholat Ghoib. (Sas*)