Dari Kotoran Sapi di Olah Untuk Ternak Cacing di Kasiman

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Wakil Bupati, Budi Irawanto, menghadiri acara peresmian Rumah Produksi Cacing di SPR Mega Jaya Dusun Ngantru, Desa Sekaran, Kecamatan Kasiman, Bojonegoro, Program tersebut merupakan bentuk kerja sama antara balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) yang bekerja sama dengan UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel) Surabaya, yang mulai terlaksana satu tahun yang lalu.

Selain itu panitia juga mengundang Balitbang Pemprov Jatim serta beberapa Dinas kab Bojonegoro diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Disperindag, Pekerjaan Umum, Dinas Pariwisata dan warga Dusun Ngantru.

Program Rumah Produksi Cacing bermula dari pemanfaatan kotoran Sapi Australi agar lebih bernilai.

Muhammad Firman Mauluddin selaku dosen dan pengelola program tersebut menjelaskan bahwa “semula kita mencoba mengolah kotoran sapi agar lebih bermanfaat seperti, mengolahnya menjadi pupuk organik, bio gas dan yang terakhir produksi cacing. Sehingga kotoran yang ada tidak menimbulkan aroma tidak sedap, dengan cara mengolahnya sedemikian rupa” terangnya.

Program tersebut sangat memperoleh reapon dan dukungan yang baik dari warga sekitar khususnya ibu-ibu yang sangat antusias ikut mengolah langsung kotoran sapi sebagai lahan produksi cacing.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu indonesia raya, dilanjutkan sambutan dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur dilanjutkan sambutan dari Wakil Bupati Bojonegoro sekaligus membuka acara.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bojonegoro mengaku bangga kepada tim penyusun Program tersebut dan khususnya warga Dusun Ngantru.

“Adanya budidaya tersebut diharapkan setelah budidaya dapat berjalan dengan baik dan berhasil, sistem pemasarannya pun harus diperhatikan sehingga dapat menjadi aset desa dan meningkatkan kesejahteraan warga.” Imbuhnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pihak pelaksana program tersebut langsung oleh Kepala Balitbang Pemorov Jatim dan Wakil Bupati Bojonegoro.

Sebagai penutup rangkaian peresmian Rumah Produksi Cacing, dilaksanakan pemotongan Pita Rumah Produksi Cacing oleh Wakil Bupati Bojonegoro.

Selanjutnya Wakil Bupati Bojonegoro dan Kepala Balitbang Pemprov Jatim menandatangi Prasasti serta meninjau langsung ternak sapi australia dan budidaya cacing diikuti dinas-dinas terkait dan warga sekitar. (Lis/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.