Amalan Utama di bulan Yang Penuh Berkah

oleh -283 views

Dibulan Ramadhan, dimana kenikmatan telah kita rasakan sewaktu kita berbuka puasa tadi. Kenikmatan yang hanya bisa dirasakan oleh orang yang berpuasa sebagaimana Rasulullah bersabda dalam hadits qudsi

“…untuk orang yang berpuasa ada dua kenikmatan yang dia dapatkan yaitu kenikmatan pada saat berbuka puasa dan kenikmatan pada saat berjumpa dengan Allah…” (muttafaqun ‘alaih).

Selain melaksanakan ibadah puasa yang merupakan kewajiban di bulan Ramadhan, shalat lima waktu, memperbanyak membaca Al-Qur’an, ada juga beberapa amalan utama yang semestinya kita tunaikan untuk mendapatkan kebaikan dan kemuliaan, yaitu :

1. Menghiasi malam Ramadhan dengan shalat tarawih

Shalat malam pada bulan Ramadhan dapat menyebabkan diampuninya dosa-dosa terdahulu, juga memiliki kenikmatan dan keceriaan. Dari Abu Hurairah ra berkata, sesungguhnya Rasulullah menganjurkan shalat malam pada bulan Ramadhan tanpa mewajibkannya kemudian beliau bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

 

“barang siapa yang berdiri melaksanakan shalat dibulan ramadhan dengan iman dan mengharapkan pahala disisi Allah maka akan diampuni dosanya yang telah lampau”. (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً
Dan sebaiknya dilaksanakan secara berjamaah, sebagaimana dalam salah satu riwayat disebutkan “barangsiapa yang mendirikan shalat malam bersama dengan imam sampai selesai maka dicatat baginya shalat satu malam” (HR. Assunan)

 

2. Mengakhirkan makan sahur dan segera berbuka

Makan sahur adalah merupakan salah satu sunnah dari sunnah-sunnah yang dilakukan bagi orang yang berpuasa dan kemuliaan bagi ummat Islam. Sebagaimana dalam satu riwayat disebutkan

“bersahurlah karena pada sahur itu terdapat berkah” (HR. Bukahri dan Muslim).

Sayyid Sabiq menyebutkan dalam Fiqh Sunnah bahwa penyebab berkahnya sahur karena menguatkan tubuh, menggiatkan dan memudahkan. Demikian pula mempercepat berbuka, sebagaimana dalam salah satu riwayat disebutkan

“Orang-orang akan masih mendapat kebajikan selagi mereka segera berbuka” (HR. Bukhari)

3. Memperbanyak bersedekah

Memperbanyak bersedekah dibulan Ramadhan adalah merupakan amalan yang utama juga. Dimana Rasulullah mengajarkan kita untuk memperbanyak bersedekah dibulan ini. Rasulullah adalah orang yang sangat dermawan dan beliau lebih dermawan lagi terutama di bulan Ramadhan. Dalam satu riwayat disebutkan

“sebaik-baik sedekah adalah sedekah dibulan Ramadhan” (HR. Tirmidzi).

Dan diantara sedekah itu adalah memberi penganan buka puasa bagi orang yang berpuasa. Rasulullah bersabda

“barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, maka ia memperoleh sebesar pahala dengan tidak berkurang sedikitpun pahala orang yang berpuasa itu” (HR Tirmidzi)

4. Berusaha bersungguh-sungguh untuk meraih malam lailatul qadr

Allah menamainya malam Lailatul Qadr karena keagungan nilainya dan ketinggian kedudukannya disisi Allah, juga karena banyaknya ampunan bagi dosa-dosa dan tertutupinya ‘aib pada malam itu. Olehnya malam itu merupakan malam ampunan, sebagaimana disebutkan dari hadits Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah bersabda

“barang siapa melakukan qiyamul lail pada malam Lailatul Qadr atas dasar keimanan dan penuh berharap kepada Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain itu juga malam Lailatul Qadr merupakan malam kemuliaan yang lebih mulia dari seribu bulan. Olehnya bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya adalah meruapakan upaya yang berharga.

5. Memperbanyak dzikir, do’a dan istighfar

Memperbanyak doa dan istighfar disaat berpuasa, sebagaimana disebutkan

“sesungguhnya do’a orang yang puasa pada saat buka tidak tertolak” (HR. Hakim)

demikian pula dalam riwayat yang lain disebutkan

“tiga golongan yang tidak tertolak doanya : imam yang adil, orang yang berpuasa sampai berbuka dan orang yang dianiyaya” (HR. Baihaqi)

6. Umrah dibulan ramadhan

“umrah dibulan Ramadhan menyamai pahala haji, dalam riwayat yang lain menyamai pahala haji bersamaku (bersama Rasulullah)” (HR. Bukhari dan Muslim)

Inilah amalan-amalan yang utama di bulan Ramadhan yang perlu juga untuk kita tunaikan untuk mendapat kemulyaan Ramadhan. Semoga kita masih terus diberikan kekuatan, kesehatan dan kesempatan untuk terus dapat mengisi ramadhan kita dengan amalan-amalan yang utama.

Sumber: wahdah.or.id