Nuansa Wayang Thengul Hiasi Gapura HUT RI Polres Bojonegoro

oleh -
oleh

Reporter : Sari. W

SuaraBojonegoro.com – Tak berbeda dengan suasana yang lainnya di sudut sudut jalan masuk Desa, gang atau wilayau berdiri gapura gapura menarik dalam rangka memperingati HUT TI ke 74, namun berbeda dengan Polres Bojonegoro, Gapura megah nan besar dengan tema kesenian tradisional khas Bojonegoro, yaitu wayang tengul.

Tampak dari depan diatas gapura besar masuk pintu selatan Mapolres Bojonegoro sebuah wayang thengul yang besar sebagai wujud budaya Bojonegoro yang saat ini menjadi ikon Kabupaten Bojonegoro dengan tari Thengul.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli, sengaja membuat Gapura dengan mengangkat kearifan budaya lokal dengab tujuan untuk mengangkat Potensi budaya dan juga kesenian yang ada di Bojonegoro. “Melalui Lomba gapura yang bertemakan SDM Unggul Indonesia Maju ini, diikuti oleh seluruh jajaran Polsek se Polres Bojonegoro,” terang Kapolres Bojonegoro dihadapan awak media usai Pers rilis pagi tadi, Jum’at (16/8/19).

Diharapkan kepada Polsek Polsek jajaran sebanyak 38 Polsek untuk membuat Gapura ini yang dibangun tepat di pintu masuk Polsek dan dipasangi hiasan yang menunjukkan dan mengangkat potensi budaya lokal, sesuai dengan perintah Kapolda Jawa Timur.

“Tentu gapura ini juga harus menunjukkan  program pemerintah, seperti petunjuk bapak presiden untuk membuat lomba Gapura Cinta Negeri dengan tema “SDM Unggul Indonesia Maju”. Tutur AKBP Ary Fadli.

Pemasangan hiasan di gapura ini, yang bermuatan budaya lokal dengan patung wayang thengul, juga karena saat ini tari khas kabupaten Bojonegoro yaitu tari thengul sekarang sedang memoersiapkan diri dan pergi ke Istana Negara Jakarta untuk melakukan tarian thengul dihadaoan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Gapura milik polres Bojonegoro ini sangat menarik bagi masyarakat yang melintas, bahkan tak enggan mereka berhenti untuk berfoto selfy di depan Gapura Milik Polres Bojonegoro untuk memperingati HUT RI ke-74. (AR/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.