Pendidikan Usia Dini

oleh -84 views

Oleh : Lulul Nur Konik

Pendidikan memiliki peranan yang amat penting bagi setiap orang, terutama bagi anak usia dini. Sebab di masa anak-anak itulah mulai beeproses memikirkan pendidikan dan guru menjadi faktor penting dalam pembelajaran dan mengenalkan menulis, membaca, berhitung, dan berinteraksi antar teman dan lingkungannya.
Pendidikan yang utama yaitu pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini sangat penting dalam pembentukan karakter Si Kecil. Pendidikan anak usia dini yaitu jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang suatu upaya pembinaan bagi anak sejak ia lahir sampai dengan umur enam tahun. Dengan tujuan membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani bagi anak.
Selanjutnya anak akan memasuki pada tingkat sekolah dasar. Sekolah dasar yaitu tempat pengalaman pertama yang memberikan dasar keperibadian individu. Dengan demikian guru memberikan siswanya pembelajaran keperibadian, kreativitas, keterampilan, dan berfikir cerdas. Dengan hal itu akan mengajarkan anak lebih baik kedepannnya. Selain disekolah, di rumah orang tau juga perlu mengajarkan anaknya yang lebih baik. Tidak harus dengan kekerasan. Karena dengan kekerasan akan membuat mental anak cenderung buruk kedepannya. Orang tua mengajarkan ke hal yang positif dan memberikan pembelajaran seperti yang diajarkan oleh guru disekolah. Dengan adanya didampingi orang tua anak semangat belajar apalagi orang tua bersikap lembut dan selalu memotivasi anak dengan baik. Peran orang tua juga sangat penting dalam pendidikan usia dini sebab orang tua yang mengerti bagaimana sifat anak dan kemampuannya dalam belajar.
Tujuan utama terbentuknya pendidikan anak usia dini yaitu untuk membentuk anak-anak indonesia yang cerdas dan berkualitas tinggi. Anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga anak tersebut memiliki bekal atau kesiapan untuk maju ketingkat pendidikan dasar dan bersiap untuk berjalan ke masa depan.
Manfaat pendidikan usia dini.
Mengenalkan anak-anak pada dunia sekolah.

Dengan mengikuti pendidikan usia dini sebelum memasuki sekolah dasar anak akan memiliki kemampuan dalam berinteraksi dengan baik. Dengan begitu mereka sudah terbiasa untik saling berinteraksi dengan teman-temannya.

Membentuk keterampilan.

Dari pendidikan usia dini orang tua mulai mengenal dan membentuk karakter atau keperibadian anak. Orang tua akan mengenal pola pikir yang akan mereka ambil.

Membentuk kreativitas dan daya imajinasi.

Pendidikan usia dini anak berada pada masa yang sangat menyenangkan. Dengan pembelajaran pengetahuan gambar, huruf, maupun angka dan diselingi dengan permainan akan membuat anak berfikir dengan kemampuan yang mereka miliki. (**)