Mochlasin Afan: Anak Anak Adalah Aset Masa Depan Bangsa

oleh -99 views

Reporter : Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Anak Merupakan harapan bagi semua Baik orang tua, lingkungan, keluarga, masyarakat dan juga bangsa ini, karena pada anak memiliki harapan besar dimasa mendatang untuk bisa menjadi yang terbaik dan memberikan yang terbaik bagi kehidupannya dan juga keluarga serta bangsa dan negara.

Dengan Demikian, Anak Anak harus dirawat di didik dengan baik agar harapan itu bisa terpenuhi, dan menjadi manusia masa depan yang mampu mengarungi kehidupan dengan bahagia dan juga keberhasilan meraih mimpi dan cita citanya, begitu kata Anggota DPRD Bojonegoro Mochlasin Afan, Selasa (23/7/19).

Tidak hanya menjadi Aset Keluarga saja, anak juga menjadi aset Bangsa dan Masyarakat, sehingga dengan pendidikan yang dapat membawa anak menuju generasi perkembangan peradaban maka anak anak Bangsa akan menjadi kuat dan mampu menaklukkan segala tantangan dalam berbagai kesulitan di kehidupan.

Menurut Mochlasin Afan, dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan, tidak hanya peran pendidik, guru dan Ustad, saat anak anak belajar diluar rumah, kedekatan orang tua dan anak lebih banyak dari pada orang lain, “Sehingga dengan karakter dan watak yang dimiliki anak, orang tua akan lebih paham dan itulah bisa dijadikan dasar bagaimana orang tua mengarahkan dalam mendidik anak dilingkungan keluarga,” Kata Pria yang anggota Komisi B DPRD Bojonegoro ini.

Pola pengasuhan anak juga bagian dari hal penting untuk menjaga agar anak tetap mempunyai prinsip dan karakter, kasih sayang perhatian dan juga ketegasan terhadap akan berpengaruh bagi pemikiran anak, sehingga anak dapat menjadi apa yang diinginkan, perkembangan pola pikir haruslah diajarkan sejak dini untuk mengasah kepribadian anak menjadi generasi yang mampu mengikuti perkembangan zaman.

“Perkembangan diera milenial juga menjadi pengaruh bagi anak, dengan adanya perkembangan tekhnologi, sebagai orang tua harus mampu mengarahkan dan mengendalikan anak, baik penggunaan internet maupun cara pergaulan yang mungkin dapat menjerumuskan anak ke dalam pergaulan yang kurang baik,” Terang Mochlasin Afan.

Kurangnya dan tidak perhatiannya orang tua atau disia-siakan oleh orang tua akan memperoleh kesukaran dalam mendapatkan informasi tentang dirinya sehingga hal ini akan menjadi penyebab utama anak berkonsep diri negatif, tak jarang anak-anak yang mengalami masalah akan sering dirundung masalah, Anak yang tidak mendapat pandangan positif orang tuanya khusunya dari ibu bahkan sejak dalam kandungan, maka mereka kelak lahir membawa kecenderungan bertindak kriminal.

“Hal ini Tentu saja nilai anak atau ‘aset’ menjadi menurun karena akan membawa kesedihan bagi orangtuanya sendiri. Kesedihan yang akan berubah menjadi sebuah kemarahan dan berakibat fatal,” Tambah Sekretaris Partai Demokrat Kabupaten Bojonegoro ini.

Sebagai Orang Tua, sangat perlu memberikan yang terbaik bagi anak, baik pendidikan, perhatian, pengaruh, kasih sayang dan Cinta agar kelak anak yang menjadi aset masa depan ini bisa menjadi manfaat bagi orang gua keluarga, lingkungan masyarakat dan bangsa.

Melindungi, menjaga anak anak, menurut Mochlasin Afan adalah tugas semua masyarakat, menghindarkan anak anak dari perbuatan negatif, menjaga dari kekerasan terhadap anak, serta memberikan arahan positif, tentu akan sangat bernilai, karena anak anak kelak akan menjadi remaja dan dewasa dan juga menjadi orang tua, sehingga apa yang diperolahnya dalam kehidupan akan diterapkan mereka terhadap anak anaknya dan justru akan lebih baik lagi.

“Mari kita jaga anak anak kita, anak anak bangsa untuk masa depan masyarakat Indonesia, karena anak adalah bagian aset penting Bangsa, Negara, dan Agama,” Pungkas Anggota Wakil Rakyat dari Dapil Bojonegoro III ini. (Sas*)