LKPP Gelar Workshop Pengawasan Barang dan Jasa Pemerintah di Bojonegoro

oleh -189 views

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah bersama Indonesia Corruption Watch dan Bojonegoro Institute menggelar workshop peningkatan kualitas koalisi masyarakat sipil kawal pengadaan barang dan jasa yang diikuti oleh CSO dan media di Hotel Aston, Rabu (19/6/2019).

Anggota Badan Pekerja ICW, Lais Abid, mengatakan, jika pengadaan barang dan jasa pemerintah harus dikawal oleh masyarakat karena dalam pelaksanaannya menggunakan sumber daya ekonomi.

“Dalam pelaksanaanya, LKPP tidak bisa bekerja sendiri dalam mengawasi pengadaan barang dan jasa pemerintah, oleh sebab itu butuh kerjasama masyarakat termasuk CSO dan masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan, jika pengadaan barang dan jasa pemerintah akan tidak afdol jika tidak dipantau karena ini hak masyarakat terlebih sekarang ini partisipasi publik masih sangat rendah.

Sehingga, diharapkan dengan pelatihan ini terjadi peningkatan dalam pengawasan pengadaan barang dan jasa dan mendorong transparansi dan akuntabilitas proses pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Jadi, harapannya publik bisa tau bagaimana proses perencanaan sampai pelaksanaan pengadaan barang dan jasa sehingga menekan angka kecurangan atau penyimpangan,” pungkasnya. (Rum).