Tungku Api Tidak Dimatikan Saat Pergi, Rumah Di Kedungbondo Ini Terbakar

oleh -1.081 views

Reporter : Sari. W

SuaraBojonegoro.com – Lupa mematikan api saat keluar rumah, dan dibiarkan menyala saat memasak dengan menggunakan tungku api, tanpa diketahui bahwa api merambat ke dinding rumah yang terbuat dari kayu dan akhirnya membakar satu rumah di Desa Kedungbondo Kecamatan Balen, Bojonegoro, Sabtu (8/6/19).

Kejadian kebakaran pada rumah Sumirah (83) di Dusun Besuki RT 4 RW 01 Desa Kedungbondo Balen ini sempat menghebohkan warga sekitar, pasalnya rumah yang terbuat dari dinding bambu terbakar api, warga yang mengetahui berusaha memadamkan, namun karena cepatnya api yang merambat sehingga sulit ditaklukkan.

Wargapun kemudian menghubungi petugas pemadam Kebakaran untuk memadamkan api, karena dikhawatirkan dapat menjalar ke tempat yang lain.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 05.25 Wib, dan kami menerima informasi dari warga pukul 05.40 wib,” Kata Sukirno Kasi Penanggulangan Dan Pemadaman Kebakaran.

Petugas kemudian menuju lokasi kebakaran pada pukul 05.57 wib, dan melakukan pemadaman terhadap rumah Sumirah yang dilalap sijago merah, dan proses pemadaman ini berlangsung hingga pukul 06.21 Wib,

Dari keterangan warga, dan juga pemilik rumah, bahwa kebakaran ini terjadi ketika Sumirah sedang memasak nasi dengan menggunakan tungku api, namun pada saat memasak dan api masih menyala, Sumirah meninggalkan api yang masih menyala di tungku untuk pergi ke rumah anaknya yang tak jauh dari tempat tinggalnya.

Namun tiba tiba api menjalar ke dinding rumah yang terbuat dari bambu sehingga merambat ke bagian yang lain dan akhirnya terjadi kebakaran dan menghanguskan rumah Sumirah.

Akibat kebakaran tersebut, kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah, dan
Sebagian rumah semi permanen ukuran 9X10 meter dengan dinding terbuat dari anyaman bambu serta perabot rumah tangga hangus terbakar. (Ari/Sas)