5 Tips Memilih Menu Buka Puasa Agar Perut Tetap Langsing

oleh -46 views

Memiliki tubuh langsing dengan perut rata menjadi idaman semua orang. Tak heran, beberapa orang rela melakukan diet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Namun di bulan Ramadan, saat berbuka puasa terkadang lupa memperhatikan porsi dan jenis makanan. Padahal di bulan puasa ini bisa menjadi momen kamu beribadah sekaligus bikin perut tetap rata dan tubuh langsing.

Yuk simak deretan tips memilih menu buka puasa yang bikin perut gak buncit. Simak ulasannya berikut ini.

1. Buka puasa dengan karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan merupakan sumber energi untuk tubuh. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna tubuh, sehingga tubuh akan terus bekerja menghasilkan energi untuk menghancurkannya. Karbohidrat kompleks memberikan stimulus serotonin, untuk menjaga nafsu makan agar tidak berlebih dan perut tetap ramping. Makanan yang termasuk sumber karbohidrat kompleks adalah roti gandum, beras merah, kentang rebus, oats, biji-bijian serta kacang-kacangan.

2. Minum air putih saat berbuka puasa

Minum-minuman mengandung gula biasanya menjadi pilihan menu untuk berbuka puasa. Namun, untuk tetap menjaga perut tetap langsing, cobalah untuk mengurangi minum-minuman manis. Mulai buka puasa dengan air putih. Setelah berpuasa tubuh pasti akan kekurangan cairan sehingga membuat lemas dan pucat. Dengan mengkonsumsi air putih, cairan tubuh akan kembali dan melancarkan sistem metabolisme serta saluran pencernaan.

3. Hindari gorengan

Gorengan sepertinya menjadi menu wajib yang biasa dibeli untuk berbuka puasa. Namun, kadar minyak yang ada di gorengan ternyata bisa bikin badan gemuk loh. Cobalah untuk kurangi konsumsi gorengan saat berbuka puasa.

4. Perbanyak makan buah

Saat berbuka dianjurkan mengawali dengan yang manis-manis. Daripada minum es, lebih baik menggantinya dengan buah segar. Buah seperti melon, semangka, buah naga sangat bagus untuk dikonsumsi. Salah satu buah yang juga baik dikonsumsi adalah alpukat. Alpukat memiliki lemak yang baik bagi tubuh dan dapat mengenyangkan.

5. Makan ikan

Untuk menu makanan utama, ikan adalah makanan yang pas. Selain memiliki protein hewani yang baik untuk tubuh, ikan juga rendah lemak serta rendah kalori. Ikan juga memberikan nutrisi yang bagus untuk tubuh yang berpuasa.

Nah, itu dia beberapa makanan yang perlu dihindari dan harus dikonsumsi demi menjaga perut tetap ramping. Diet tetap jalan dan puasa pun lancar.

Sumber: idntimes.com