4 Kebiasaan yang Sebaiknya Dilakukan Menjelang Ramadan

oleh

Ramadan tinggal menghitung hari. Bagi Sahabat Fimela yang menjalankan ibadah puasa Ramadan, selamat menyambut bulan Ramadan. Untuk menyambut Ramadan, persiapan apa saja yang sudah dirimu lakukan?

Agar saat Ramadan kita tak kaget menjalani rutinitas Ramadan yang ada mulai dari berpuasa, memperbanyak ibadah dan amalan lainnya, yuk, mulai biasakan beberapa hal terkait Ramadan dari sekarang. Inilah beberapa kebiasaanyang sebaiknya kita lakukan menjelang Ramadan.

Kebiasaan Menjelang Ramadan

Salat Berjamaah

Kebiasaan pertama yang sebaiknya dilakukan menjelang Ramadan bahkan dari hari-hari sebelum-sebelumnya adalah salat berjamaah. Ini agar kita tidak kaget jika harus menjalankan salat berjamaah menunaikan salat tarawih selama bulan Ramadan. Jika belum siap menjalankan salat berjamaah di masjid, kita bisa menjalankannya dengan keluarga di rumah.

Membaca Al-Quran

Kebiasaan selanjutnya yang harus lebih ditingkatkan adalah membaca ayat suci Al-Quran. Pastikan bahwa membaca ayat suci Al-Quran tidak hanya dilakukan di bulan Ramadan tetapi juga di bulan-bulan lain di luar Ramadan.

Bersedekah

Ahli ulama menyarankan agar umat muslim memperbanyak sedekah di bulan Ramadan. Meski begitu, kebiasaan bersedekah sebaiknya tak hanya dilakukan di bulan Ramadan. Sebaiknya, kebiasaan bersedekah dilakukan di bulan-bulan lain di luar bulan Ramadan. Membiaskan diri bersedekah bisa dimulai pada keluarga terdekat, tetangga hingga orang lain yang dirasa sangat membutuhkan bantuan kita.

Menjaga Pola Makan

Bulan Ramadan adalah bulan di mana umat muslim harus berpuasa setiap harinya selama sebulan penuh. Agar kita tidak kaget dengan aktivitas ini, biasakan diri menjaga pola makan sejak sekarang. Bila perlu, latihlah diri untuk menyambut datangnya Ramadan dengan melakukan puasa sunah seperti halnya puasa senin kamis, puasa nabi daud dan puasa sunah lainnya.

Itulah beberapa kebiasaan yang sebaiknya diterapkan menjelang Ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut Ramadan bagi umat muslim di mana pun dirimu berada.

Sumber: fimela.com