Dana Operasional Desa Diharapkan Tunjang Kegiatan Di Desa

oleh -
oleh

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – dDana operasional desa yang akan diberikan kepada seluruh kepala desa di Indonesia, dinilai sangat positif bagi para kepala desa. Dengan adanya dana operasional tersebut diharapkan akan mampu mengoptimalkan kegiatan di masing-masing desa. Kamis (11/04/19).

Samudi, selaku Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Kabupaten Bojonegoro, menyatakan bahwa kepala desa memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengelola dana desa.

“Dengan adanya dana operasional desa ini nantinya dapat mengurangi beban bagi kepala desa,” katanya.

Selain itu, dalam pengelolaan dana desa setiap tahunnya, dipergunakan untuk membangun infrastuktur desa, jembatan, irigasi, posyandu, embung, pasar desa. Sehingga dibutuhkan dana desa untuk oprasional bagi kepala desa agar efektif.

“Jangan sampai kepala desa mencari dana operasional dengan cara yang tidak benar,” ujarnya.

Selain itu, Presiden Joko Widodo, menegaskan akan menyederhanakan laporan penggunaan dana desa. Yangmana sebelumnya penyederhanaan laporan penggunaan dana desa ini telah diusulkan oleh Papdesi.

“Penyederhanaan laporan penggunaan dana desa ini sangat lah penting,” tambahnya.

Lebih jauh, Kepala Desa Kepoh Kidul ini menyatakan jika janji presiden yang akan segera mengucurkan dana operasional bagi kepala desa itu membuktikan bahwa presiden tahu betul bahwa kades itu sebagai jabatan politis di desa yang mempunyai banyak kegiatan diluar kedinasan yang menjadi kewajiban tak tertulis.

“Yang bersifat sosial kemasyarakatan bagi warganya dan papdesi mengapresiasi itu,” tegasnya.

Seperti yang diketahui ada sekitar 75 orang kepala desa menghadiri acara Silaturahmi Nasional Pemerintahan Desa se-Indonesia, di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (10/4). Jokowi awalnya mendengarkan keluhan Zulyatman, kepala desa di Sumatera Barat, soal dana operasional tersebut.

“Sebenarnya akan banyak yang datang menghadiri Silatnas tersebut dari Bojonegoro. Tapi karena pada bulan Juni ini akan ada Pilkades serentak gelombang kedua maka sebagai ketua Papdesi, saya meminta teman-teman yang akan mengikuti pilkades agar fokus pada pelaksaan Pilkades tersebut,” pungkasnya. (Bim/red).

No More Posts Available.

No more pages to load.