Belasan Kalender Bergambar Capres Diamankan Bawaslu

oleh -
oleh

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Belasan kalender bergambarkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno, diamankan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban. Selasa (09/04/19).

Kalender yang diamankan dari belasan titik tersebut lantaran terdapat gambar yang menyerupai Pemkab Tuban dan tertulis Pemerintah Kabupaten Tuban.

“Ada 19 kalender bergambar Prabowo-Sandi kita amankan,” kata Ulil Abror Al Mahmud, selaku Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Tuban.

Dirinya menegaskan jika kalender-kalender tersebut diamankan oleh Bawaslu dari beberapa warung yang berada di Kecamatan Senori dan diduga telah beredar juga diseluruh kecamatan di Kabupaten Tuban.

“Ada sekitar 300 kalender yang telah diedarkan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban,” ujarnya.

Namun demikian dirinya belum dapat memastikan apakah beredarnya kalender-kalender tersebut masuk dalam kategori oelanggaran atau tidak. Pasalnya Bawaslu Kabupaten Tuban dalam hal ini masih melakukan pengkajian.

“Dan akan memanggil tim Badan Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi wilayah Tuban, serta Pemkab Tuban,” jelasnya.

Dari data yang dihimpun, pemanggilan direncanakan pada hari Rabu. Jika dalam pemanggilan serta klarifikasi ada keberatan dari Pemkab Tuban atas kalender tersebut lah yang nantinya akan menjadi landasan Bawaslu.

“Guna klarifikasi. Jika ada keberatan dari Pemkab, maka akan jadi landasan kami untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” tambahnya.

Jika nantinya terbukti ada oelanggaran maka sangsi rekomendasi bisa penurunan serta pembersihan atau penarikan kalender yang telah beredar di Kabupaten Tuban.

“Sampai sekarang belum ada perintah untuk menarik kalender tersebut karena baru tahap inventarisir,” ucapnya.

Sementara itu Sekertaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Tuban, Lutfi Fimansyah, menjelaskan jika pembuatan kalender tersebut dibuat oleh Tim Badan Pemenagan Nasional (BPN) Pabowo-Sandi. Tidak hanya di Tuban, kalender tersebut juga disebar di 10 Kabupaten tau Kota.

“Termasuk salah satunya Tuban,” jelasnya.

Untuk memudahkan pengiriman, lanjutnya, kalender tersebut diberi tanda logo Pemkab. Lebih jauh Lutfi, menyatakan jika tidak ada niatan jika Pemkab harus pro dengan pasangan calon 02

“Tidak ada niatan Pemkab harus pro 02,” pungkasnya. (Bim/red).

No More Posts Available.

No more pages to load.