Sekolah Menulis bersama Mahasiswa PMII IKIP Bojonegoro 

oleh -24 views

SuaraBojonegoro.com   – Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) IKIP PGRI Bojonegoro menggelar sekolah menulis Selasa, (26/03/19) sore.

Kegiatan yang digelar di Sekretariat PMII IKIP Gg. Sawahan, Kelurahan Sumbang, Kota Bojonegoro tersebut dipandu oleh wartawan muda yang juga alumni IKIP, Hadi.

Ketua komisariat PMII IKIP Baharudin Asy’ari mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik itu guna menumbuhkembangkan minat menulis mahasiswa, khususnya kader PMII. Sebab, dunia tulis-menulis sangat dibutuhkan oleh mahasiswa, khususnya setelah lulus kuliah.

“Menulis, bukan berarti melulu menulis sebuah berita. Tetapi banyak sekali yang nanti akan ditulis oleh temen-temen setelah lulus kuliah, misalnya menulis laporan pekerjaan, menulis undangan dan menulis hal-hal penting lainnya. Jadi menulis yang baik dan benar itu penting,” ujar Ari sapaan akrabnya.

Dia juga mendorong para peserta kedepan untuk lebih serius mengikuti sekolah menulis ini. “Sekolah menulis ini rutin kita adakan setiap hari Selasa,” ucapnya.

Sementara itu pemateri Hadi menyampaikan pentingnya penyusunan kalimat yang tepat dalam setiap tulisan. Selain itu dia juga menyampaikan pentingnya menggunakan bahasa baku sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

“Dalam konteks menulis tulisan formal, penggunaan bahasa baku tidak bisa ditawar lagi. Maka dari itu mari kita biasakan mulai hari ini,” katanya.

Dia juga menjelaskan tekhik dasar menulis berita. Tampak para peserta semangat dan antusias mengikuti pelatihan hingga pukul 17.30 WIB petang. (JW/Lis/SB)