Pancasila Menyatukan Kemajemukan Bangsa

oleh -35 views

SuaraBojomegoro.com – Pendiri Bangsa kita, Bung Karno telah menyampaikan nilai yang mahapenting bagi anak-anak bangsa, yaitu “Segenap rakyat hendaknya ber-Tuhan secara berkebudayaan, yakni dengan tiada “egoisme-agama”.Bung Karno telah menanamkan tatanan dasar yang berharga tersebut pada Pidato Lahirnya Pancasila  1 Juni 1945.

Paparan mengenai penguatan nilai-nilai Ideologi Pancasila tersebut diungkapkan oleh Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H
Abidin Fikri, S.H., M.H. saat acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, di Desa Ngrandu, Kec. Kedungadem, Bojonegoro, Senin, (18/03/2019).

Di hadapan ratusan masyarakat desa Ngrandu, Abidin mengatakan bahwa, Marilah kita amalkan, jalankan agama, dengan cara yang berkeadaban. “Apakah cara yang berkeadaban itu? Ialah hormat-menghormati satu sama lain,” tegas Abidin.

Abidin menerangkan bahwa dalam bingkai Indonesia sebagai Negara yang beranekaragam suku, agama, dan ras, maka Ideologi Pancasila merupakan dasar sekaligus rumah bagi kemajemukan itu. Ia mengatakan bahwa ini adalah demi menjadikan Indonesia bangsa yang kuat dan maju.

“Dengan saling menghormati hak masing-masing warga Negara untuk memeluk dan menjalankan taqwanya kepada Tuhan maka kita telah ikut ambil bagian dalam memperjuangkan persatuan Indonesia,” tegas Abidin.

Dalam sesi diskusi, Abidin Fikri kembali menegaskan kepada masyarakat bahwa syarat persatuan dan kesatuan bangsa sangat berpengaruh bagi kondusifitas pembangunan di Indonesia. (Lis/SB)