Kapolres Paparkan Sistim Pengamanan Kota Melalui Permainan Taktis Untuk Pemilu 2019

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka pengamanan Pemilu 2019, Polres Bojonegoro paparan metode pengamanan melalui permainan taktis (Tactical Floor Game/TFG) operasional sistim pengamanan kota pada hari Kamis (14/03/2019) pagi di halaman Mapolres Bojonegoro. 

Dalam acara tersebut, selain dihadiri oleh Ketua KPU dan Ketua Bawaslu turut dihadiri Pejabat dari Kodim 0813 Bojonegoro, Danki 3 Yon C Sat Brimob, Kasatpol PP Bojonegoro, Kepala Dinas PMK Kabupaten Bojonegoro, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro, Kepala RS Bhayangkara Wahyu Tutuko, Kepala PLN Kabupaten Bojonegoro, Komandan Subden Pom V/2-1 Bojonegoro, Pejabat Utama Polres Bojonegoro serta Kapolsek jajaran dan anggota yang terlibat dalam latihan. Selain itu juga, dalam acara turut dihadiri oleh Kabag Ops dari Polres Tuban dan Kabag Ops Polres Lamongan.

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli, SIK., MH., M.Si dalam sambutannya membuka acara mengatakan bahwa Tactical Games (Permainan Taktis) Operasional Latihan Sispam Kota diadakan dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019.

TFG adalah sebuah pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai. Tujuannya adalah untuk mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan pasukan baik pada saat aman maupun situasi kontijensi.

“Tujuan dilaksanakannya giat TFG Operasional Latihan Sispam Kota dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019 adalah agar personel yang terlibat dalam sispam kota dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan peran masing-masing”, ucap Kapolres.

Kapolres juga berpesan agar melaksanakan persiapan secara maksimal baik personel maupun peralatan dari masing-masing Instansi dalam rangka pelaksanaan Sispamkota dan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pam Pemilu 2019, selain itu juga agar seluruh Kapolsek dan Stake Holder harus mengetahui cara bertindak dan langkah yang diambil saat terjadi kejadian.

“Kerjasama yang baik antara Kapolsek, Danramil dan Kepala Instansi terkait untuk mengendalikan anggotanya, karena melibatkan personel yang banyak”, pesan Kapolres.

Masih menurut Kapolres kepada masing-masing penanggung jawab harus mengetahui dan memahami rangkaian kegiatan, kejadian dan penyelesaian per tahapan da diharapkan dengan dilaksanakan TFG ini dapat mensinergikan dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan kegiatan.

“Tetap jaga kekompakan dan sinergitas antar Stake Holder sehingga pada pelaksaan Sispam Kota dapat berjalan lancar, dan situasi wilayah Bojonegoro dalam keadaan aman, tertib dan kondusif”, imbuh Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0813 Bojonegoro yang diwakili oleh Kasdim 0813 Bojonegoro mengatakan bahwa Kodim 0813 Bojonegoro siap mendukung Polri dan penyelenggara Pemilu untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 dengan menyiagakan anggota Kodim 0813 yang terbagi menjadi beberapa titik untuk melakukan back up pam giat dlm rangka Pemilu dimana masing-masing titik membawahi beberapa wilayah untuk mempermudah dalam perbantuan personel utk memback up suatu kejadian.

“Masing-masing yang dituakan bertanggungjawab jawab atas anggotanya dan mantapkan betul tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota dala. pelaksanaan Sispam Kota”, ucap Kasdim. (Lis/Red) 

No More Posts Available.

No more pages to load.