Inilah Hasil Survei Y-Publica Elektabilitas Caleg DPR RI Dapil IX Bojonegoro – Tuban

oleh -4.414 views

SuaraBojonegoro.com – Dari Hasil survei yang disampaikan oleh Y-Publica melalui rilisnya untuk elektabilitas Caleg (Calon Legislatif DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil IX) yaitu Kabupaten Bojonegoro dan Tuban untuk pemilu 2019, Heany Relawati dari Partai Golkar mendapatkan peringkat tertinggi.

Setelah mantan Bupati Tuban dua periode ini dengan tingkat keterpilihan tertinggi sebesar 12,3% disusul calon lainnya, yaitu Farida Hidayati (PKB) memiliki elektabilitas sebesar 10,8%, Didik Mukrianto (Demokrat) sebesar 9,3%, Wihadi Wiyanto (Gerindra) sebesar 8,4%, J. Urip Utomo (PDIP) sebesar 7,5%, dan Ratna Juwita Sari (PKB) sebesar 6,8%.

Menurut Direktur Eksekutif Y Publica, Rudi Hartono dalam keterangan rilisnya, Senin (25/2/19) kemarin bahwa Nama-nama ini didapatkan berdasarkan pertanyaan terbuka kepada responden. Dari 6 kursi yang diperebutkan, ada 4 caleg baru, 2 sisanya tetap dihuni petahana yaitu Didik Mukrianto dan Wihadi Wiyanto.

“Ada beberapa petahana yang terpilih dalam Pileg 2014 lalu banyak yang memiliki elektabilitas di bawah enam besar,” jelas Rudi.

Adapun Petahan diawa enam besar menurut Rudi diantaranya adalah Abidin Fikri dengan elektabilitas sebesar 4,3%, Satya Yudha sebesar 3,1% dan Lukmanul Khakim sebesar 2,1%. Namun Abidin Fikri dan Satya Yudha masih masuk dalam kategori 10 besar.

Rudi menambahkan, caleg pendatang baru yang masuk dalam 10 besar adalah Suyoto dan Setyo Hartono. Keduanya merupakan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro periode 2013-2018. “Dalam kategori 10 besar ada 6 pendatang baru dan 4 petahana,” tuturnya.

Adapun survei yang dilakukan Y-Publica mengambil responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan dan menggunakan metode pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random). Tingkat kepercayaan diklaim sebesar 95 persen dan margin of error sebesar 3,5 persen. (Lis/SB)