Bupati Bojonegoro Sampaikan Pentingnya IPM Di Pembinaan PTK

oleh -77 views

SuaraBojonegoro.com – Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menghadiri acara bertajuk tentang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) SMP Negeri di Ngasem, Ngambon, Purwosari dan Tambakrejo. Acara tersebut dilaksanakan di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Jumat (22/02/19).

Dalam acara yang dihadiri lebih dari seratus guru SMP Negeri tersebut, Bupati menjelaskan tentang pentingnya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang salah satu indikator pentingnya dapat dilihat dari sejauhmana kemajuan pendidikan di daerah tersebut.

Menurutnya, Hal itu tentu bukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah, sebab saat ini dunia pendidikan memiliki banyak tantangan baik skala nasional maupun dalam konteks global. Sehingga, cara terbaik melewatinya adalah menghadapinya dengan penuh kerjasama, kerja keras dan semangat lebih maju.

“Sebagai Pendidik tentu jangan hanya mengajar dengan cara yang biasa – biasa, perlu juga memunculkan inovasi dan pembelajaran yang dapat menjawab tantangan zaman, itu bagian substansial yang perlu dilakukan,” Papar Bupati Bojonegoro saat memberikan sambutan.

Bupati perempuan ini menyampaikan bahwa Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa menjawab tantangan pendidikan, salah satu contohnya dengan cara memberi materi muatan lokal yang bisa menambah wawasan khusus untuk siswa yang dididik.

“Kami juga ada beasiswa pendidikan jenjang S1 untuk jurusan Scientis, seperti Kedokteran, Pengolahan Minyak, dan lain sebagainya sebagai bentuk investasi Sumberdaya manusia yang kedepanya tentu dapat mewarnai dunia pendidikan di Bojonegoro,” tambahnya

Disisi lain, Bupati sudah meminta Dinas Pendidikan untuk melakukan kajian tentang payung hukum apabila sekolah – sekolah ingin membuka sub bidang pelajaran khusus. karena hal ini bisa jadi efektif untuk membangun wawasan khusus siswa di sekolahnya.

“Saya sudah minta kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk mempelajari aspek hukumnya, sebab pelajaran pada bidang khusus ini dapat menjadi embrio lahirnya siswa yang memang memiliki kemampuan dibidang yang spesifik, sehingga jika nanti melanjutkan ke perguruan tinggi murid sudah bisa memiliki bekal untuk jurusan yang ingin diembanya,” Lanjutnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, Hanafi menjelaskan bahwasanya ia ingin segera mewujudkan pendidikan yang berkualitas sebagaimana yang menjadi visi misi Bupati Anna Muawanah.
Hal ini bisa dilaksanakan jika pendidiknya serius untuk melakukan pembelajaran yang efektif di sekolahnya masing – masing.

“Pertemuan ini merupakan upaya untuk membangkitkan semangat para pendidik untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas,” ucapnya

Acara ini dihadiri juga oleh Forkompimcam, Pendidik dari sejumlah lembaga yang meliputi SMPN 1 Ngasem, SMPN 1 Ngambon, SMPN 1 Tambakrejo, SMPN 2 Tambakrejo, SMPN 1 dan SMPN 2 Purwosari. (Bim/red).