SMPN 4 Bojonegoro Launching Bank Mini, Majalah 4u & Buku Antologi

oleh

Oleh : A Fauzi

SuaraBojonegoro.com – Dalam upaya menggerakkan giat siswa siswi gemar menulis dan membaca serta suka menabung, SMPN 4 Bojonegoro pada hari Kamis, 21 Februari 2019 bertempat di halaman SMPN 4 Bojonegoro mengadakan launching bank mini dan launching karya literasi.

Karya-karya literasi tersebut berupa majalah sekolah yang bertajuk “4U Magazine” dan 24 buku antologi karya para siswa dan guru SMPN 4 Bojonegoro.

Selain kegiatan launching tersebut, pihak SMPN 4 Bojonegoro juga memberikan hadiah dan beasiswa kepada pemenang siswa siswi SD yang telah juga mengerjakan soal tryout di SMPN 4 Bojonegoro pada hari Sabtu, 16 Februari 2019 kemarin yang bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar Airlangga Bojonegoro.

Dalam acara ini juga siswa siswi SMPN 4 Bojonegoro menunjukkan kreativitasnya yaitu seni tari, karawitan, baca puisi, seni Hadrah untuk menghibur para tamu undangan yang hadir di acara ini.

Dalam kegiatan launching ini hadir pula kepala Dinas Pendidikan kabupaten Bojonegoro Hanafi serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, Pimpinan Bank Jatim kabupaten Bojonegoro serta dewan pendidikan kabupaten Bojonegoro Sri Winarti.

Turut hadir pula bapak/ibu pengawas bidang SMP, komite SMPN 4 Bojonegoro dan beberapa kepala sekolah tingkat SD sekitar SMPN 4 Bojonegoro dan Kepala SMPN di wilayah kota Bojonegoro.

Dalam sambutannya kepala SMPN 4 Bojonegoro bapak M.Tri Djoko.S.SPd.M.Pd mengatakan bahwasanya acara ini adalah rangkaian hari ulang tahun Sekolah yang ke 32 tahun 2019. Dalam rangka memperingati hari jadi sekolah ini, harapannya SMPN 4 Bojonegoro bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat khususnya di kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan ini juga dikonsep dalam nuansa lingkungan semacam pesta kebun karena perlu diketahui SMPN 4 Bojonegoro adalah sekolah berbasis lingkungan yang sudah mendapatkan predikat Adiwiyata mandiri.

“Saya mengajak seluruh siswa siswi SMPN 4 Bojonegoro juga mengajak seluruh bapak ibu guru untuk menerapkan sistem sistem pendidikan yang ada motto pendidikan mengaju pada Tut Wuri Handayani,” Kata Kepala. SMPN 4.

Kepala Dinas pendidikan kabupaten Bojonegoro Hanaf mengapresiasi SMPN 4 Bojonegoro karena kegiatan ini berbasis lingkungan dan sangat kreatif dalam mengadakan kegiatan semacam ini juga bagian dari pola komunikasi dan kolaborasi dalam dunia pendidikan.

“para siswa harus terus bersemangat dalam menulis dan membaca,” Katanya.

Dewan pendidikan kabupaten Bojonegoro Sri Winarti juga memberikan apresiasi dalam kegiatan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada SMPN 4 Bojonegoro yaitu bisa membuat 24 judul buku dalam disnatalis SMPN 4 Bojonegoro.

“Bahwasanya di zama era sekarang giat literasi para murid umur 15 tahun mulai menurun berdasarkan hasil penelitian,” paparnya.

Dalam rangkaian sambutan ini di tutup dengan sambutan kepala dinas Lingkungan hidup kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah menerangkan bahwa pada hari ini tanggal 21 Februari juga hari peduli sampah nasional, dirinya mengajak pada hari ini juga untuk peduli sampah. (AF/JW)