Hari Peduli Sampah, Kapolres Ajak Sadar Sampah Mulai Dari Lingkungan Diri

oleh -28 views

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HSPN), Kapolres Bojonegoro, AKBP, Ary Fadly, bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, menghimbau kepada masyarakat untuk sealu peduli terhadap lingkungan. Kamis (21/02/19).

“Semua masyarakat saat ini setiap hari, sadar atau tidak sadar menghasilkan produksi sampah,” katanya, saat meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro.

Terkait hal tersebut, Kapolres kedepan akan mengupayakan untuk Bayangkari, agar dapat mengelola sampah yang dimulai dari lingkungannya terlebih dahulu. Dari situlah sudah digalakkan adanya bank sampah yang telah dipisahkan antara sampah- sampah yang organik maupun non organik.

“Mungkin dari asrama atau mungkin dari Polres yang juga notabene tiap hari itu menghasilkan sampah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, dalam kesempatan yang sama, menuturkan bahwa dengan adanya sinergi DLH dengan instansi Polres Bojonegoro, kedepan agar dalam pengelolaan sampah saat ini dapat menjadi berkah.

Nurul Azizah menjelaskan bahwa di Kabupaten Bojonegoro, dalam satu hari setiap orang menghasilkan 2,5 liter sampah plastik, terlebih dengan jumlah penduduk 1,3 juta akan menghasilakan 3720 M3 setiap hari.

“Kalau ini tidak dikelola maka negara akan menjadi kotak sampah padahal icon kita Bojonegoro, adalah Kota bersih untuk mengatasi masalah perlu sinergi pada semua pihak masyarakat khususnya,” pungkasnya. (Bim/red).