Artis Aja Hijrah, Ikutan Yuuk..!

oleh -52 views

Oleh: Afif Arrozy (Pemerhati Remaja)

Akhir-akhir ini fenomena hijrah semakin banyak saja dikalangan artis tanah air. Siapa yang nggak kenal sama Teuku Wisnu, Arie Untung, Dude Herlino, Mario Irwinsyah, Primus Yustisio, Shireen Sungkar, Jihan Fahira, Fenita Arie. Mereka adalah sebagian diantara aktor dan aktris yang kini memutuskan untuk hijrah dan giat mengkaji Islam.

Selain para artis dunia film atau sinetron, banyak pula para vokalis dan personel band yang juga memutuskan untuk hijrah. Diantaranya ada Derry Sulaiman, Ray Nineball, Sunu Matta, Yuki Passband, Sakti Sheila on 7, Reza Noah, Krisyanto & Ricky Jamrud, Virgoun Last Child, dll.

Bahkan pada dekade sebelumnya kita sudah pada kenal sama beliau-beliau seperti almarhum Gito Rollies, Hari Moekti, dan Jefri Al Bukhori, juga Opick, Astri Ivo dan Neno Warisman yang bisa dikatakan sebagai pelopor artis hijrah.

Yups, mereka ini adalah para pesohor tanah air yang ngetop pada masanya masing-masing, bahkan banyak yang masih malang melintang sampai sekarang. Namun yang menjadi salut bagi kita adalah keberanian akan keputusan mereka untuk hijrah.

Tentu yang dimaksud hijrah disini bukanlah perpindahan untuk mukim dari satu tempat ke tempat yang baru. Namun lebih diartikan sebagai suatu perpindahan atau move on dari suatu kondisi yang sebelumnya penuh dengan keburukan menuju kepada kebaikan, perubahan dari kegiatan negatif menuju kegiatan yang positif sesuai ajaran Islam, dan seterusnya.

Memang beragam kadar hijrah yang mereka para pesohor layar kaca tersebut lalui. Ada yang baru hijrah dalam hal berbusana, yang sebelumnya biasa menampakkan aurat kini berbusana lebih tertutup bahkan sebagian sudah berhijab syari dan bercadar. Banyak pula yang berhenti total meninggalkan dunia keartisannya dan bahkan beralih menjadi seorang pendakwah.

Apapun proses yang sudah mereka lalui untuk hijrah demi lebih mendekat kepada Allah SWT dan mengkaji Islam, hal ini tentu patut kita apresiasi. Apalagi banyak diantara mereka yang kemudian membuat komunitas kajian Islam bersama dengan para pendakwah seperti, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Abdul Somad, Ustadz Felix Siauw, dll.

Kalau para artis yang kesehariannya penuh dengan hingar bingar dunia hiburan saja bisa tergerak hatinya untuk hijrah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Lalu bagaimana dengan kalian gaes?

Tentu mestinya kalian nggak boleh kalah dengan para artis itu. Mereka saja berani mengorbankan popularitasnya demi hijrah. Karena hijrah pula mereka rela kehilangan sebagian bahkan seluruh pundi-pundi penghasilannya dari job menjadi artis.

Lah kalian, jadi artis nggak, popular juga nggak. Boro-boro banyak job, paling keseharian kalian cuma sekolah atau kuliah habis itu pulang nongkrong, main game, tidur siang, dan kalo malam jadi sufi alias suka nonton film, hehe..

Itulah mengapa. Mestinya kalian yang masih diusia muda dan belum banyak kesibukan manfaatkanlah masa muda kalian untuk mengkaji Islam dengan banyak hadir ke majelis-majelis ilmu. Apalagi sekarang banyak sekali komunitas yang mengadakan kajian Islam.

Maka ingatlah pesan Rasulullah Saw agar memanfaatkan masa muda kalian sebelum datang masa tua. Tepatlah apa yang sudah disampaikan oleh Rasul tersebut, karena masa muda adalah masa yang penuh dengan gairah dan semangat. Masa yang masih belum banyak kesibukan dan tangguh jawab jika dibandingkan dengan mereka yang lebih tua. Jika waktu muda saja sudah malas beribadah dan mengkaji Islam, maka jangan harap waktu tua bisa giat.

Bahkan di dalam riwayat lain, pemuda yang giat beribadah akan mendapatkan satu keistimewaan dari Allah SWT. Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi Saw, Beliau Saw bersabda, Ada tujuh golongan manusia yang akan dinaungi oleh Allah dibawah naungan Arsynya pada hari tidak ada naungan selain naungan Allah Azza wa Jalla (diantaranya yaitu) : Pemuda yang tumbuh dewasa dalam ibadah kepada Allah Azza wa Jalla,…(HR. Bukhari dan Muslim).

Gimana gaes, apa kalian nggak kepingin kelak mendapatkan naungan dari Allah SWT ketika tidak ada lagi yang bisa menaungi kecuali naungan-Nya. Udahlah gaes nggak usah banyak mikir dan cari alasan untuk menuju kebaikan. Allah SWT pasti akan memudahkan setiap langkah orang-orang yang berusaha untuk melangkah dijalan-Nya.

So, tunggu apa lagi? Yuuk ngaji..!

*)Foto: Ilustrasi.net