Pancasila Itu Titik Temu Yang Memperkuat Keberagaman

oleh -
oleh

Reporter : Tata Monika

SuaraBojonegoro.com – Kemajemukan bangsa Indonesia merupakan anugrah dan kodrat ALLAH SWT, maka mesti disyukuri dan dirawat karena itulah potensi dan kekuatan bangsa. Untuk memperkokoh pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H., M.H menyelenggarakan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama masyarakat di Desa Clebung, Bubulan, Bojonegoro, Selasa (12/02/2019).

Abidin Fikri menyampaikan, bahwa Bangsa dan Negara Indonesia harus memahami prinsip Kebangsaan yang disampaikan Bung Karno pada 1 Juni 1945 dalam sidang BPUPK. “Bahwa kita mendirikan suatu negara kebangsaan Indonesia yang bulat. Bukan kebangsaan Jawa, Sumatera, Borneo, Sulawesi, tetapi kebangsaan Indonesia. Bukan Negara untuk satu orang, satu golongan, tetapi Negara semua buat semua,” tutur Abidin yang juga anggota Komisi IX DPR RI dari Dapil Bojonegoro dan Tuban itu.

“Keberagaman yang ada pada bangsa Indonesia adalah anugerah yang harus disikapi dengan semangat saling menghargai hak masing-masing warga negara yang berhak mendapatkan perlindungan negara. Hal itu senafas dengan UUD NRI 1945 yang menjadi pegangan konstitusi semua elemen masyarakat,” tegasnya.

Di hadapan ratusan masyarakat di desa Clebung, Abidin mengajak agar segenap anak bangsa kembali memahami bahwa, persatuan Indonesia adalah sikap kebangsaan yang saling menghormati dan menghargai. “Pancasila bukan hanya sebagai dasar negara namun telah menjadi titik temu yang memperkuat keberagaman,” Ajak Abidin. (Nik/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.