LPPM Unigoro Gelar Pasar Gagasan

oleh -
oleh

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro bersama ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Rabu (30/1/2019) menggelar kegiatan Pasar Gagasan, Kompetisi Literasi Digital, Lomba Karya Ilmiah Jenjang SMA/SMK/MA se-Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro ini merupakan acara puncak dari kompetisi literasi bagi para siswa SMA sederajat yang telah didampingi oleh tim Universitas Bojonegoro sejak Oktober 2018 lalu.

Ada 14 sekolah yang mengikuti kegiatan ini, dengan dibagi menjadi 29 kelompok dan masing-masing memaparkan karya ilmiah yang telah dibuat sejak 3 bulan terakhir, di Pasar Gagasan ini.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arief Januwarso, Perwakilan ExxonMobil Cepu Limited, Husna Widhi Hastuti, Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, Teguh Supriyadi dan Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, M. Mukhlisin Mufa.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arief Januwarso menyampaikan apresiasinya kepada para siswa yang mengikuti Lomba Literasi Digital dan aktif dalam program mentoring yang dilakukan tim Unigoro.

“Lomba Karya Tulis Ilmiah ini sulit, apalagi harus ada penelitian di dalamnya, dosen saja kesulitan saat harus melakukan penelitian, maka dari itu saya mengapresiasi para siswa yang mengikuti kegiatan ini, semoga pengalaman yang diperoleh ini dapat menjadi bekal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, utamanya menghadari tantangan di era revolusi industri 4.0,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Perwakilan EMCL, Husna Widhi Hastuti, yang menjelaskan bahwa pengalaman dalam mengikuti kegiatan ini akan menjadi bekal yang baik untuk masa depan. Pihaknya juga menjelaskan bahwa kegitan Kompetisi Literasi Digital ini merupakan program pengembangan masyarakat dari EMCL di bidang pendidikan.

“EMCL selaku operator di Lapangan Banyuurip, berkomitmen agar masyarakat dapat menerima manfaat dengan adanya kegiatan migas ini, salah satunya melalui progam pengembangan masyarakat yang juga telah disetujui oleh SKK Migas, semoga peserta Kompetisi Literasi Digital ini dapat memiliki pengalaman yang baik untuk masa depan,” ungkap Widhi.

Kompetisi Literasi Digital ini sendiri merupakan lomba Karya Tulis Ilmiah yang dipresentasikan dalam bentuk infografis dan videografis, agar dapat diterima dengan mudah, khususnya bagi generasi di zaman sekarang ini.

Ketua LPPM Universitas Bojonegoro, Laily Agustina Rahmawati menjelaskan tujuan kegiatan Kompetisi Literasi Digital ini selain untuk menumbuhkan minat literasi di kalangan siswa, yakni agar dapat meningkatkan kemampuan dalam hal menulis karya ilmiah yang disertai dengan penyampaian menggunakan media kreatif.

“Kita mengharapkan agar para siswa dapat semakin mencintai literasi dan dapat menyampaikan karya tulis ilmiahnya dengan menggunakan cara-cara kreatif, agar lebih mudah diterima masyarakat, utamanya generasi zaman now,” ujarnya.

Selain penguatan kapasitas pelajar dalam budaya baca dan menulis, tujuan Kompetisi Literasi Digital ini juga untuk mengembangkan potensi siswa dalam skill olah digital dalam media infografis dan videografis. Pelajar di Bojonegoro diharapkan dapat membudayakan cara pandang, gagasan dan ide dalam bentuk tulisan maupun visual dengan konten-konten yang dapat menginspirasi masyarakat melalui konten-konten di media sosial.

Dalam kompetisi ini, masing-masing karya para siswa dinilai oleh dewan juri dan peserta lainnya, dengan menekankan pada aspek penilaian tema dan isi karya tulis, presentasi dan penyajian infografis dan videografis. Dewan juri yang menilai yakni dari Pusat Belajar Guru (PBG) Bojonegoro, Bojonegoro Kreatif dan dari Universitas Bojonegoro.

Dari 29 kelompok, ada 5 kelompok yang dipilih untuk masuk ke babak final 5 besar, dan diminta untuk melakukan presentasi secara langsung tentang karya tulis ilmiah yang telah dibuat.

Setelah memaparkan karyanya, akhirnya dipilih 3 juara dari 5 kelompok tersebut. Juara 1 Kompetisi Literasi Digital, Lomba Karya Ilmiah Jenjang SMA/SMK/MA se-Kabupaten Bojonegoro diraih oleh MAN 1 Bojonegoro dengan karya tulis ilmiah “MINKRES” yang mendapat skor 515, Juara 2 diraih SMAN 4 Bojonegoro dengan karya tulis ilmiah “CAPSI BALM’ dengan skor 490 dan Juara 3 diraih oleh MAN 1 Bojonegoro dengan karya tulis ilmiah “MOLESA” dengan nilai 485. (Bim/red).

No More Posts Available.

No more pages to load.