Beredar Surat Pernyataan Uang Desa Digunakan Keperluan Pribadi Kades

oleh -86 views

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Warga Desa Glagahwangi, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, digegerkan adanya surat pernyataan dari kepala desanya. Yang mana dalam surat pernyataan tersebut menjelaskan bahwa Kepala Desa Glagahwangi, Haris Abur Yanto, menyatakan anggaran yang belum terealisasi tahun 2018 masih ia pakai. Senin (21/01/19).

“Ya kaget, kok ada pernyataan dari kades seperti itu. Saya juga tahu dari grub Facebook mas,” kata salah satu warga Glagahwangi, yang enggan disebut namanya.

Menurutnya, dengan ada surat pernyataan kepala desa tersebut membuat geram sebagian warga. Pasalnya akhir-akhir ini banyak permasalaan di desa yang sampai saat ini belum ada kejelasan.

“Masalah satu belum selesai ini masih ada masalah baru lagi,” ujarnya.

Dari data yang dihimpun suarabojonegoro.com, dalam surat pernyataan tersebut tertulis jika Kepala Desa Glagahwangi, berjanji akan membayar anggaran 2018 yang belum terealisasi tersebut sebelum tanggal 20 Januari 2019. Serta apabila yang bersangkutan melanggar pernyataan tersebut maka yang bersangkutan siap dituntut secara hukum yang berlaku. Dalam surat pernyataan tersebut diketahui dan ditanda tangani oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Glagahwangi, Kiswanto, Kepala Desa Glagahwangi, Haris Abur Yanto, dan Ketua RT 03, Ngaspiono.

“Kalau memang itu dianggap korupsi ya harus ditindak tegas,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Sugihwaras, Sumarsono, saat dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApnya mengungkapkan bahwa dirinya baru tahu adanya hal tersebut tadi pagi.

“Saya juga baru tahu tadi pagi,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Soni, ini menjelaskan jika pihaknya telah berusaha menghubungi Kepala Desa Glagahwangi, tersebut melalui sambungan Tlphone, namun hingga saat ini Telphone yang bersangkutan tidak aktif.

“Kades saya telpon gak aktif. Mau saya panggil. Tapi tadi sudah saya kasih surat peringatan,” pungkasnya. (Bim/red).