Perpustakaan SD Negeri 2 Mayangrejo Masih Mangkrak

oleh -23 views

Reporter: Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Pembangunan Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 2 Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, hingga saat ini masih mangkrak. Jumat (11/01/19).

Wiwik Widiyawati, selaku Kepala Sekolah SDN1 Mayangrejo, menuturkan bahwa dirinya tidak mengetahui persis pembangunan perpustakaan tersebut pasalnya dirinya baru menjabat sebagai Kepala Sekolah sejak taggal 7 Februari 2018. Akan tetapi perpustakaan tersebut sebelumnya telah disurvei oleh Dinas Pendidikan Bojongoro, bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Sebelum saya ada kepala sekolah namanya bu Minem, sekarang sudah purna,” katanya.

Kepada suarabojonegoro.com, Wiwik Widyawati, menjelaskan bahwa setelah disurvei tersebut diinya dijanjikan jika perpustakaan yang diperkirakan baru selesai 50 persen tersebut akan diselesaikan pada tahun 2019 ini.

“Katanya akan diselesaikan tahun 2019,” ujarnya.

Jika disuruh meneruskan bangunan yang belum selesai, lanjutnya, dirinya merasa keberatan. Hal ini dikarenakan nominal dana BOS untuk SDN 2 Mayangrejo, hanya Rp 9.120.000.

“Kalau meneruskan ya tidak mungkin. Dana BOS itu untuk menggaji guru,” ujarnya.

Dengan mangkraknya perpustakaan tersebut mengakibatkan berkurangnya minat baca pada para siswa. Dari pantauan suarabojonegoro.com, dengan memanfaatkan ruang guru inilah para siswa berkesempatan untuk membaca dengan tempat seadanya.

“Ada bantuan buku senilai Rp8 juta. Saat ini Perpustakaan kita jadikan satu dengan ruang guru,” ucapnya.

Dirinya berharap kepada dinas terkait agar dapat segera menyelesaikan ruang perpustakaan tersebut agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para siswa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, Hanafi, saat dikonfirmasi melalui sambungan WhatsAppnya terkait hal ini belum mendapatkan jawaban. (Bim/red)