Pelayanan KUA Gayam resmi Dioperasikan

oleh -28 views

Oleh : SaidEdi Wibowo

SuaraBojonegoro.com РBertempat di Desa Ringintunggal Kecamatan Gayam, Kantor Urusan Agama Kecamatan Gayam sebagai nomenklatur baru dalam struktur organisasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro (PMA No. 210 Tahun 2018 tentang Pembentukan 244 Kantor Urusan Agama Kecamatan) diresmikan. Rabu (9/1/2019).

Hadir pada acara peresmian tersebut antara lain Kasi Pemberdayaan KUA Bidang Bimas Islam dan Pensyar Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur, K.H.Farmadi Hasyim,M.Hi, Kepala Kantor Kemenag Kab. Bojonegoro, Drs.H.M.Syamsuri, M.Pd beserta pejabat struktural dan fungsionalnya, Forpimka Gayam dan beberapa kepala KUA.

Kegiatan yang dihelat secara sederhana dengan lesehan dan tumpengan tersebut bertempat di sebuah rumah penduduk yang disewa tahunan sebagai kantor layanan sementara.

Acara Peresmian KUA Gayam diikuti oleh seluruh Pembantu pegawai pencatat perkawinan (P4) dan penyuluh non PNS kecamatan Gayam.

Acara Peresmian Dimulai dengan pembacaan ayat suci al-Quran, dilanjutkan secara berurutan prakata panitia oleh Kasi Bimas, pembacaan Peraturan Menteri Agama tentang pembentukan 244 KUA oleh Kasubbag TU, sambutan Forpimka diwakili oleh Kapolsek Gayam, Pengarahan Kepala Kantor Kemenag Kab.Bojonegoro ,Drs.H.M.Syamsuri,M.Pd dan Pembinaan sekaligus pengguntingan pita papan nama sebagai tanda peresmian dan dimulainya Layanan KUA (kantor Urusan Agama)Kecamatan Gayam Kepada Masyarakat.

“Saat ini di Propinsi Jawa Timur ada 644 kantor urusan agama, dan Gayam menjadi KUA terbaru yang diresmikan,” jelas Farmadi Hasyim dalam sambutannya.

Kasi Pemberdayaan KUA ini berharap dengan beroperasionalnya KUA di kecamatan Gayam akan menjadikan tugas-tugas Kementerian Agama lebih berdayaguna karena KUA salah satu ujung tombak layanan keagamaan terhadap masyarakat.

Alhamdulillah, akhirnya layanan nikah dan rujuk diwilayah kecamatan Gayam dimulai hari ini di KUA Kecamatan Gayam, setelah menunggu sejak beroperasinya Gayam sebagai Kecamatan di Bojonegoro (sesuai Perda Bojonegoro No.22 Tahun 2011 Tentang Pemekaran Wilayah Bojonegoro) Pada Tahun 2013. (Sew/JW)