Pencak Silat Reog, Pagar Nusa, Saman Tampil Di Arab Saudi

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Pencak Silat Indonesia yang mulai Populer di Internasional mendapatkan apresiasi dan sambutan baik si beberapa Negara. Seperti yang pernah disampaikan oleh Presiden Jokowi bahwa cabang olahraga ini  harus dijadikan andalan Indonesia untuk mendongkrak prestasi di Olimpiade.

Kali ini Indonesia juga mempopulerkan Pencak Silat di acara perhelatan Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, Arab Saudi yang menampilkan Pencak Silat Reog Ponorogo, Pencak Silat Pagar Nusa, dan Pencak Silat Saman. Penampilan perdana Tim Pencak Silat dan pertunjukan seni budaya lainnya di Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, Arab Saudi sukses digelar pada Rabu (2/1/ 2019) malam di panggung  utama Paviliun Indonesia yang dikelola KBRI Riyadh. Seperti yang dilansir dari Kompas.com. jum’at (4/1/19).

“Promosi olahraga silat ke masyarakat internasional ini juga menjadi bagian dari upaya agar cabang olahraga tersebut bisa dipertandingkan di Olimpiade,” menurut Plt. Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora RI, Sandi Suwardi Hasan.

Sebelumnya di Jepang sudah dipromosikan dan Indonesia mengajukan agar pencak silat dapat dipertandingkan sebagai exhebition pada saat Jepang menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 mendatang. Khusus di Arab Saudi, organisasi pencak silat nya sudah ada, bahkan kabarnya, pasukan militer Arab juga dilatih oleh Pesilat Indonesia. Dan Tentu harapannya pencak silat bisa dikembangkan.

Disampaikan pula bahwa Kemenpora menyiapkan 1000 pelatih dari IPSI untuk disebar ke berbagai negara. Kemenpora juga merencanakan Kejuaraan Dunia Silat digelar di Belanda. Dan ada permintaan khusus dari Menteri Pemuda dan Olahraga, bahwa Pencak Silat di Arab harus bisa lebih kuat. (LIS/SB)

No More Posts Available.

No more pages to load.