RENUNGAN AKHIR TAHUN 2018 ATAS NEGERI INI

oleh -49 views

Oleh : Puji Yuli

SuaraBojonegoro.com – Saat ini, kita sudah berada di penghujung tahun 2018. Sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2019. Tentunya kita perlu melakukan renungan dan refleksi atas perjalanan yang telah dilalui oleh negeri ini pada tahun 2018. Selain itu, sudah seharusnya negeri ini mempunyai target dan tujuan yang akan di raih pada tahun 2019 bagi seluruh komponen bangsa.

Kalau kita cermati, negeri ini selama tahun 2018 sedang dilanda bencana alam secara beruntun. Di mulai dari gempa bumi yang terjadi di Lombok Nusa Tenggara Barat , gempa bumi dan gelombang tsunami yang melanda Palu Sulawesi. Dan di penghujung tahun 2018 ini adanya bencana gelombang tsunami yang menimpa pantai anyer di Pandeglang Banten atas reaksi gunung anak krakatau.

Tentu saja negeri ini berduka atas terjadinya bencana alam secara beruntun yang membawa ratusan korban jiwa, ribuan luka luka dan rusaknya sarana infrastruktur negeri ini dalam waktu sekejap mata. Hal ini merupakan musibah yang dialami negeri ini. Sudah sepantasnya perlu muhasabah dan perenungan bagi para pemimpin dan semua rakyat negeri ini. Seperti lagunya ebiet G ade yang bersyair mengapa di negeriku terjadi bencana? Apakah alam mulai enggan bersahabat dengan negeri ini? Apakah ini peringatan dari Allah SWT agar negeri ini untuk taat dan mau mengambil aturan syariat Islam yang agung dalam mengelola dan mengatur negeri ini.

Selain itu, kita bisa melihat selama tahun 2018 ini adanya peningkatan kasus narkoba maupun peningkatan kasus korupsi uang rakyat oleh beberapa kepala daerah yang terjadi di negeri ini. Tentunya ini menunjukkan betapa merosotnya moral dan akhlak yang menimpa negeri ini. Hal ini bisa terjadi karena kita memisahkan agama Islam yang agung dalam menjalani kehidupan ini. Sehingga berdampak pada kerusakan dan bencana alam maupun bencana sosial bagi negeri ini.

Oleh karena itulah, negeri ini perlu melakukan perenungan dan muhasabah akhir tahun 2018 ini. Selain itu perlu adanya program perbaikan yang menjadikan syariah Islam itu sebagai pedoman dalam kehidupan ini. Sebab Islam punya aturan yang lengkap tentang kehidupan manusia agar selamat dan berkah dunia akhirat.

Untuk bisa mewujudkan negeri ini raih kemajuan pembangunan dan peradaban gemilang. Maka negeri ini perlu adanya kerja sama antara keluarga, masyarakat dan negara untuk menjadikan Islam sebagai pedoman dan asas dalam kehidupan membangun bangsa ini. Dengan itu harapannya negeri ini bisa berkah dan raih kemajuan bangsa di tahun 2019. (*)

*)Foto : Ilustrasi