Kurang Sosialisasi, Masyarakat Masih Banyak Yang Bingung Tentang Pemilu 2019

oleh -55 views

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legeslatif (Pileg) yang digelar serentak 17 April 2019 mendatang, membuat sebagian masyarakat kebigungan. Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Senin (24/12/18).

Selain kurangnya sosialisai dan kurangnya interaksi calon juga mempengaruhi masyarakat yang hingga saat ini belum menentukan pilihannya.

“Jangankan menentukan pilihan, calonnya saja tidak tahu,” kata Eko Purnomo, salah satu warga Kecamatan Bojonegoro ini.

Walau Pilpres dan Pileg yang digelar tiga bulan mendatang hingga saat ini dirinya belum tahu tahapan-tahapan apa saja nanti yang harus dilalui. Diusianya yang menginjak setengah abad membuat kendala tersendiri baginya untuk menentukan pilihan.

“Setiap lima tahun ikut nyoblos, tapi hanya pemilihan presiden saja,” ujarnya.

Selain keterbatasan informasi, pria dua orang anak ini juga mengaku jika sampai saat ini belum ada calon yang datang dan berkampanye di lingkungannya. Hal inilah yang menjadikannya masih bigung untuk menentukan pilihannya. Ia mengaku hanya pasangan calon presiden lah yang ia tahu.

“Yang saya tahu hanya Jokowi berpasangan dengan Makruf Amin dan Prabowo berpasangan dengan Sandiaga Uno, yang lain (caleg.red) ngak tahu,” jelasnya.

Lain hanya dengan Laily, salah satu warga, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, ini. Selain kurangnya sosialisasi ia mengaku belum menentukan pilihan karena ketidak tahuannya tentang pilpres dan pileg 2019 mendatang.

“Kapan pelaksanaannya saja saya ngak tahu,” katanya.

Selain itu, pilpres dan pileg tahun 2019 mendatang nanti merupakan coblosan pertama baginya. Sehingga hal ini membuatnya bigung jika tidak ada sosialisasi. Jangankan untuk memilih caleg, jumlah Dapil yang ada di Kabupaten Bojonegoro, wanita berhijab ini pun tidak tahu.

“Kalau pilpresnya sudah jelas ada dua, kalau yang lain ngak tahu,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui dalam pemilihan presiden dan calon legislatif pada tanggal 17 April 2019, para pemimilih akan menentukan lima pilihan diantaranya adalah memilih presiden dan wakil presiden, memilih anggota DPR RI, memilih DPD RI, memilih anggota DPRD Provinsi dan memilih DPRD Kota atau Kabupaten. (Bim/red)