Bupati: ASN Harus Netral Dalam Pemilih

oleh -61 views

SuaraBojonegoro.com – Acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu.Partisipatif Bagi ASN yang secara resmi dibuka secara resmi oleh Bupati Bojonegoro DR.Hj. Anna Mu’awanah. Sabtu (22/12/2018), bertempat di aula Hotel Dewarna Bojonegoro.

Dalam sambutannya Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengatakan bahwa pemilu adalah proses yang cukup rumit dikarenakan perlu kesiapan demokrasi dan kedewasaan pemilih serta kompititor antara pelaku pemilu baik dinternal partai maupun antar partai satu dengan partai yang lain.

“Untuk fungsi bawaslu sangat diperlukan sebagai wasit atau penengah antara kompetitor tersebut,” kata Anna.

Selanjutnya terkait netralitas ASN Bupati Anna menyampaikan bahwa semua ASN harus netral begitu juga dirinya selaku pembina ASN. Hal tersebut wajib bagi ASN, dikarenakan sebagai ASN mempunyai kewenangan dan kekuasaan administrasi, anggaran dan lainnya, yang mana bisa disalahgunakan untuk kepentingan kelompok tertentu dan memobilisasi kekuatan tertentu.

Kemudian Bupati Anna dalam kesempatan itu juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya bagi semua pihak atas terlaksana dan suksesnya Pilkada 2018 yang berjalam aman dan lancar, tidak terjadi gesekan apapun.

Dalam kesempatan itu pula ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro Zainuddin dalam laporannya mengatakan bahwa acara yang diikuti Camat, Kapolsek dan Danramil se-Kabupaten Bojonegoro ini bertujuan mensosialisasikan netralitas ASN, TNI dan POLRI dalam pelaksanaan Pemilu 2019 sehingga diharapkan nantinya dapat berjalan sukses, lancar dan aman. Kemudian Zainuddin menambahkan bahwa pemilu yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 itu adalah gawe negara yang besar, karena dilaksanakan serentak untuk Pemilihan legislatif dan pemilihan serentak.

“Untuk itu kita wajib menyukseskannya, sebagai ASN mempunyai kewajiban untuk memilih namun juga harus menjaga netralitas selaku penyelenggara negara,” terangnya.

Tampak hadir dalam acara itu Kapolres Bojonegoro dan Dandim 0813 Bojonegoro. (SB/Lis)