Kasatpol PP Berharap Sinergi Dengan Semua Satker Di Pemkab Bojonegoro

oleh -24 views

SuaraBojonegoro.com – Dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda) di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro, Ahmad Gunawan, berharap kepada jajaran Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), lebih dapat menigkatkan sinergi dan koordinasi antar instansi. Jumat (14/12/18).

Dalam sisi penegakannya yang telah dilakukan oleh Satpol PP, diharapkan ada pemberdayaan dan pembinaan yang merupakan bukan wilayah dan kewenagan Satpol PP.

“Dari dinas yang terkait saya harap bersinergi,” katanya.

Ahmad Gunawan, memberikan contoh, dalam penertiban Pekerja Kaki Lima (PKL) yang menempati bahu jalan, dan trotor, tidak hanya ditertibkan atau di Yustisialkan. Akan tetapi dan penegakan Perda ada solusi bagi pelanggar.

“Tapi juga diperdayakan dan diberisosulisi lain,” ujarnya.

Sehingga para PKL dalam hal ini diharapkan akan mendapatkan sisi lain dan tidak hanya ditertibkan atau digusur dalam penindakannya.

“Sisi pemberdayaannya juga harus berimbang,” tambahnya.

Di tahun 2019 mendatang, pria yang akrab disapa Gunawan, ini menegaskan akan tetap melakukan penerapan yang sama dalam penegakan Perda di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Tetap sama, karena Satpol PP tidak mungkin melakukan langkah lain diluar ketentuan yang telah digariskan untuk Satpol,” jelasnya.

Langkah Yustisti atau non Yustisti, bagi pelanggar Perda ini, akan disertai dengan pembinaan-pembinaan. Akan tetapi untuk pembinaan yang lebih mendalam dapat dilakukan oleh SKPD terkait sesuai dengan Tupoksinya.

“Untuk pembinaan lebih mendalam, saya harapkan dilakukan oleh SKPD lain yang berkewenagan agar ditingkatkan,” pungkasnya. (Bim/red).

Reporter : Bima Rahmat